Peran Serta Lembaga Sosial Terhadap Pariwisata

8/06/2018

Lembaga social merupakan tunas tumbuhnya kelompok social masyarakat, organisasi social dan sebagainya. Lembaga social memiliki aspek dinamis yang ditunjukkan oleh fungsi-fungsi sosialnya. Dimana, bidang kepariwisataan memiliki unsur, karakteristik dan fungsi social sebagai wujud dari hubungan terhadap lembaga social.

Hubungan antara lembaga social dan kegiatan pariwisata tidak dapat dipisahkan dwi tunggal, dua hal yang satu dan bahkan bersifat multidimensional. Sementara, hubungan lembaga social tentunya dibingkai oleh struktur social. Nilai dan norma social yang menjadi peranan social. Dalam hal ini, memiliki peranan terhadap kebutuhan dasar wisatawan.

Norma pada lembaga social yang meliputi atau terdiri atas folkways atau tata cara, mores atau tata susila dan stateways atau law atau sesuatu yang bersifat formal. 
Sementara, pariwisata merupakan satu bentuk gabungan campuran dari berbagai jenis lembaga social di masyarakat. Jenis lembaga social terkait dengan kebutuhan bidang kepariwisataan adalah ekonomi, politik, dan social budaya sehingga persoalannya kompleks.

Oleh karena itu, fungsi kebutuhan kepariwisataan memiliki fungsi masing-masing dan cenderung memiliki tantangan serta permasalahan yang berbeda. Serta dinamika bidang kepariwisataan dalam proses perkembangan yang kerap berbenturan fungsi dan peranan dalam melakukan layanan wisata.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close