Revolusi Apa Yang Akan Kita Gunakan ?

8/29/2018

Proses perubahan social melalui rekayasa social dapat dilakukan dengan proses modernisasi. Konsep modernisasi muncul bersamaan dengan munculnya revolusi industri, dan revolusi politik di Perancis. Dalam proses modernisasi terjadi perubahan pada pekerjaan yang semula dilakukan dengan cara-cara tradisional kemudian beralih ke cara-cara modern yang dihasilkan oleh revolusi industri.

Penemuan-penemuan baru dibidang ilmu pengetahuan, seperti penemuan yang mendukung kerjanya revolusi industri. Dengan mendefinisikan modernisasi sebagai penerapan pengetahuan ilmiah dalam semua aktivitas kehidupan manusia atau masyarakat.
Jika penerapan ilmu pengetahuan tersebut dilakukan berbagai Negara, termasuk Indonesia, dan berbagai daerah maka tujuan utamanya adalah mencapai taraf hidup ini dapat diterima dan dirasakan oleh masyarakat yang bersangkutan. 


Dengan demikian, pemaknaan modernisasi dapat dibangun berdasarkan asumsi dan konsep-konsep evolusi dari sebuah perubahan social. Karena dengan gerakan searah, dan berlangsung perlahan-lahan dan akan memabawa masyarakat dari tahapan primitive kepada kondisi yang lebih maju sebelumnya. Hal ini, tentunya berdasarkan

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close