Sistim Sosial, Konsep Etnisitas Sebagai Kategori Sosial

9/01/2018

Sistim social, akan melihat kembali bagaimana suatu budaya akan berkembang di masyarakat. Hal ini, tentunya akan ada anggapan bahwa bagaimana proses budaya berlangsung juga di masyarakat. Dengan menunjukkan sebuah identitas maka setiap kelompok dalam struktur masyarakat secara horizontal. Meskipun pada nyatanya sebuah struktur masyarakat dalam sebuah kehidupan masyarakat.

Kemudian, tumpang tindih dengan struktur masyarakat secara vertical, seperti yang dialami masyarakat Indonesia pada masa colonial telah membentuk suatu peta politik yang kuat diantar masyarakat. Bagaimana penghubungan ini akan berlangsung, maka dengan pelapisan masyarakat yang vertical.
Hubungan antar etnik akan menunjukkan berbagai masa pada pembagian dalam sebuah kelompok etnik dengan pelapisan yang sudah tertata, atau tidak. Ketika pembagian ini berlangsung maka aka nada corak yang berlangsung dengan yang dinamakan “kaum”.

Kemudian, yang dipahami bagaimana kebijakan dalam proses setiap pengkategorian tersebut dengan fenomena yang berlangsung. Hal ini, tentunya dapat diketahui ketika berbagai persoalan yang berlangsung kian membagi-bagikan setiap pembudayaan yang berlangsung.


Kemunculan sebuah etnis tentunya tidak akan pernah berdiri sendiri, tetapi identitas etnis akan muncul jika kelompok atau indetitas lain sebagai pembanding. Maka, dalam hal ini akan timbul persoalan yang memang secara social di masyarakat akan bergejolak.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close