Tokoh Teori Pertukaran Sosial

8/02/2018

Menurut George C.Homans yang membatasi analisisnya pada jenjang sosiologi mikro, tentunya berupaya menjembatani jenjang sosiologi makro dan mikro berdasarkan analisis Peter M.Blau. Dalam hal ini mereka menilai analisisnya pada proses interaksi, namun analisisnya tentunya pada proses interaksi.

Fenomena yang berupa pada proses pertukaran dasar menghadirkan fenomena yang berupa struktur social yang lebih kompleks. Yang kemudian, membentuk apa itu teori pertukaran serta menekankan adanya suatu konsekunsi.


Jika pertukaran social tidak seimbang akan menyebabkan adanya perbedaan dan diferensiasi terhadap pertukaran tersebut. Hal ini tentunya, kemampuan orang atau kelompok untuk memaksakan kehendaknya terhadap pihak lain.
Hal ini, tentunya akan muncul berbagai anggapan, serta memperoleh kesan yang berbeda, hal ini kemudian, akan muncul suatu pandangan yang berbeda juga terhadap kesan lebih menarik jika dibandingkan dengan yang lain, yang tentunya dalam persaingan nantinya akan nampak adanya pihak atau orang yang menarik perhatian.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close