Struktur Pedesaan Yang Lebih Sederhana

9/04/2018

Para ahli menjelaskan beberapa hal mengenai pedesaan, karena dalam hal ini pedesaan merupakan bagian struktur terkecil suatu masyarakat pedesaan. Sorokin menjelaskan bahwa struktur social vertical dan horizontal suatu masyarakat pedesaan disebut dengan pelapisan social.

Sehingga, dalam hal ini jika digambarkan mengenai kelompok social dalam suatu masyarakat pedesaan dapat dipahami susunannya yang bersifat hierarkis, dan berjenjang. Sementara, jika dengan menyimak bahwa masyarakat pedesaan terdapat dimensi struktur pedesaan yang dikenal setiap desa.
Sedangkan struktur social, horizontal dan juga disebut debagai diferensiasi social, dengan pengelompokkan yang ada dalam suatu masyarakat tanpa menempatkannya dalam suasana yang hierarkis. Dengan demikian, dapat disimak dengan masyarakat dalam dimensi struktur horizontalnya maka akan terlihat seperti banyaknya kelompok masyarakat pedesaan.

Maka, masyarakat pedesaan jika semakin maju akan semakin kompleks dan beraneka ragam dengan kelompok yang ada didalamnya, maka dikenal seperti struktur desa pada umumnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close