Hubungan Prespektif Sosiologis Pada Fenomena Ekonomi

10/08/2018

Sosiologi ekonomi merupakan disiplin ilmu yang mengaplikasikan perspektif sosiologis pada fenomena ekonomi. Dimana pada factor ini mengaplikasikan kerangka pikir yang berkaitan dengan hubungan serta model-model dengan penjelasan sosiologi pada berbagai kegiatan yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi atas barang dan jasa.

Dalam perkembangannya sosiologi ekonomi juga menggunakan perspektif jaringan sosial, gender dan konteks budaya dalam analisisnya. Dengan begitu terdapat perbedaan antara sosiologi ekonomi dengan ilmu ekonomi yang bersandar pada premis actor dengan memiliki informasi yang lengkap dengan berbagai tradisi yang dilakukan berdasarkan padangan sosial.
Perspektif pengetahuan sosiologi ada banyak pendekatan yang dilakukan dengan aliran yang mempengaruhi sosiologi ekonomi. Seperti menunjukkan ide, dan kepentingan material yang menggerakkan tindakan dalam aktivitas ekonomi sebagaimana diuraikan dalam The Protestant Ethic. Yang merupakan dalam hal ini memiliki pandangan terhadap sistim ekonomi berdasarkan perspektif sosiologis.


Sistim ekonomi yang terbentuk dalam suatu masyarakat, berawal dari sistim ekonomi yang tradisional dengan berbagai kebutuhan dan kemjauan pengetahuan yang dimiliki masyarakat berdasarkan tinjauan masyarakat sebelum terbentuk hingga saat ini. Perbedaan tersebut tentunya memiliki unsur dengan berbagai persoalan yang terkait dengan kebutuhan selanjutnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close