Proses Rujukan Nilai Sebuah Budaya

10/19/2018

Dengan memahami berbagai hal terkait dengan budaya, tentunya akan berhubungan dengan berbagai kehidupan manusia. Suatu nilai yang berkaitan dengan erat manusia, aka nada baik dalam bidang yang mengatur proses tersebut berlangsung.

Suatu nilai akan memaknai dua konteks, yaitu nilai sebagai sesuatu yang objektif, maka manusia memandang nilai sebagai sesuatu yang memiliki hasil persepsi dan penafsiran manusia, tetapi ada sebagai sesuatu yang ada dan menuntun manusia dalam kehidupannya.
Persoalanya bukan bagaimana seseorang harus menemukan nilai, tetapi lebih kepada bagaimana manusia menerima dan mengaplikasikan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Nilai, sebagai pandangan objektivitas tidak tergantung pada objek, melainkan objeklah sebagai penyangga yang perlu hadirnya objek, nilai yang memang ada dengan sendirinya.

Pandangan selanjutnya, dapat diketahui bagaimana dengan berbagai hal yang subjektif, yang artinya saling bergantungan pada subjek yang menilainnya. Maka, dari itu suatu nilai berkaitan dengan berbagai objek tersebut. Seperti halnya jika melihat suatu keindahan dalam bidang estetika.

Hal tersebut, akan terkait bagaimana suatu proses budaya berkembang di masyarakat, dengan kombinasi keindahan serta nilai yang tampak di masyarakat. Dengan begitu suatu proses erat terhadap manusia akan berlangsung dengan baik sesuai dengan kombinasi berlangsung.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close