Sebuah Definsi Kebudayaan Secara Menyeluruh

10/17/2018

Dari berbagai definsi kebudayaan diatas terlihat berbagai hal masing-masing yang mampu menjelaskan mengenai kebudayaan berdasarkan definisi. Dengan memahami definsi tersebut, maka tidak bearti kita dapat menagkap esensinya. Tetapi, pada dasarnya dapat dipahami bahwa kebudayaan meliputi sistim gagasan, hasil karya, serta berbagai hal terkait dengan wujud sebuah kebudayaan.

Wujud sebuah kebudayaan dapat dipahami sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma serbagai berbagai kaitannya dengan sifat yang abstrak. Suatu gagasan dengan berbagai ragam ide, juga merupakan suatu kebudayaan yang terbentuk dengan bersama dalam hidup masyarakat.
Kemudian suatu kebudayaan dapat dipahami sebagai bagian dari suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. Dari kedua hal tersebut maka, disebut dengan sistim sosial yang terdiri dari detik ke detik, waktu ke waktu. Berbeda, dengan kebudayaan hasil dari sebuah karya, karena dalam hal tersebut akan banyak penjelasan mengenai sesuatu yang kompleks.


Berdasarkan hal tersebut, sebuah kebudayaan pada dasarnya sudah terbentuk dari masyarakat itu sendiri. Karena, pandangan saat ini misalnya kebudayaan dengan berbagai perangkat teknologi yang kini berlangsung berdampak pada budaya masyarakat. Hal tersebut merupakan salah satu bagian dari sistim sosial masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close