Struktur Sosial Serta Hubungan Sosial Kebudayaan

10/08/2018

Pada umumnya masyarakat memiliki pola tingkah laku sosial yang dapat dilihat dan diamati. Hubungan sosial, yang memiliki kaitan erat dengan harapan dan cermin hubungan dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya, serta lingkungan ekonominya.

Peranan individu mengenai kelompok sosial dan masyarakatnya terlihat ketika ada hubungan yang dilakukanya. Dimana solidaritas dan kohesi sosial berlangsung dalam landasan nilai dan norma sosial yang juga berfungsi sebagai sistim control sosial serta termanifestasi dalam fungsi reward pada setiap individu.

Apa yang menjadi ciri khas ketika berkunjung didaerah-daerah terhadap tujuan objek wisata yang membutuhkan kesan tersendiri saat berkunjung. Wisatawan akan memiliki daya tarik tersendiri mengenai ciri khas, unik, dan menimbulkan efer pretise sosial tertentu bagi yang memilikinya.
Oleh sebab itu, wisatawan domestic dan mancanegara akan membutuhkan hasil kerajinan rakyat yang sebelumnya sudah dilestarikan. Hal ini, terkait dengan nilai seni khas, unik, asli, hingga memiliki nilai tersendiri serta membutuhkan layanan prima ketika mengunjungi obyek wisata.

Wisatawan mancanegara memiliki pandangan terhadap pertunjukkan kesenian rakyat sebagai bentuk suatu unik, aneh bahkan tidak ada duanya. Tentunya memiliki tempat yang berbeda sebelumnya, maka kesenian rakyat sebagai atraksi wisata yang sering menjadi bumbu penyendap bagi kepuasan wisatawan.

Maka, ketika struktur sosial mengkerangkai hubungan sosial dengan kebudayaan maka, hubungan keduannya antara struktur sosial dan kebudayaan menunjukkan pola tindakan manusia terkait dengan suatu gagasan, pikiran serta berbagai hal yang berkaitan dengan seluruh kelompok dengan berbagai segmen sosial. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close