Sistim Distribusi Struktur Ekonomi Masyarakat

10/08/2018

Kegiatan ekonomi masyarakat, seringkali dikaitkan dengan berbagai hal dengan distribusi masyarakat yang bersangkutan. Ketika produksi atau kegiatan yang dihasilkan suatu barang, maka distribusi atau kegiatan akan menyebarkan barang-barang dan konsumsi terhadap kegiatan menggunakan barang.

Secara umum, akan diketahui secara sistematis mengenai sistim distribusi dalam masyarakat yang berhubungan dengan proses perubahan struktur ekonomi dan masyarakat. Dengan adanya hubungan proses suatu perubahan struktur ekonomi maka akan dikenal sebagai substansi dari pemahaman mengenai dominasi masyarakat.
Dengan adanya distribusi yang harus dibedakan dengan redistribusi maka dapat diartikan bahwa distribusi sebagai alokasi sesuatu yang bernilai dengan input dan output dari pertukaran sosial. Sedangkan redistribusi diartikan sebagai intervensi untuk mengalokasikan kembali input dan output di pasar yang sedemikian rupa sehingga mendekati tujuan bersama (collective).


Kegiatan distribusi adalah persebaran mengenai barang melalui mekanisme pasar, sedangkan redistribusi adalah persebaran melalui pemberian, peraturan pemerintah, dan berbagai lembaga sosial lainnya. Tetapi, dalam hal ini distribusi dan redistribusi lebih cendrung digabungkan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close