Samuel Huntington : Dimensi Modernisasi Berdasarkan Penggunaan

11/20/2018

Suatu dimensi yang bisa digunakan untuk mendekripsikan stratifikasi sosial yang ada dalam suatu kelompok sosial atau komunitas, misalnya dimensi pemilikan. Dalam hal ini, perlu diketahui ketika ada strata wong sugih atau wong cilik, memiliki dimensi yang digunakan untuk melakukan identifikasi pada masyarakat Jawa.

Dalam hal ini, akan diketahui bagaimana identifikasi yang lazim dapat dihargai masyarakat Jawa secara ekonomi. Sementara, dimensi distribusi pada sumber daya yang diteorikan oleh Gerhard Lensky, dimana ada dua strata yang membedakan. 

Sementara, dimensi pada awalnya diberlakukan pada masyarakat industri dimana terdapat dimensi sistem stratifikasi sosialnya belum sekompleks masyarakat industri. Berbagai dimensi yang berbeda tersebut dapat diketahui bagaimana untuk digunakan.
Maka, menurut Samuel Huntington yang mengemukakan bahwa ada dimensi modernisasi untuk menjelaskan bagaimana stratifikasi sosial tersebut mampu mengaspirasinya (the new have) dan berbeda dengan strata sosial berdasarkan pembentukannya pada berbagai symbol.


Pandangan mengenai dimensi modernisasi tersebut, dapat digunakan berdasarkan dimensi lainnya, yang diantaranya memiliki berbagai perbedaan terhadap pandangan mengenai perbedaan yang kompleks. Dengan begitu, berbagai kebutuhan pada masyarakat yang ada dapat digunakan berdasarkan dimensi yang berdasarkan penggunaannya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close