Ibnu Khaldun : Kontribusi Elaborasinya Ilmu Peradaban

11/28/2018


Pada suatu masa terdapat elaborasinya atas ilmu peradaban, yang menandai babak baru dalam sejarah pemikiran Arab-Islam ataupun filsafat sejarah yang dibangun berdasarkan atas dasar dialektika perkembangan atau perubahan sosial.

Dimana dalam hal ini, suatu prinsip ilmu peradaban yang adalah ajaran Aristoteles yang mengatakan bahwa secara alamiah, setiap individu adalah makhluk sosial sehingga setiap individu tidak dapat memenuhi kebutuhan pokoknya pada persoalan kerja sama yang diantara individu tersebut.

Sementara, dalam hal ini berbagai persoalan terkait dengan beberapa alasan pemenuhan kebutuhan dan perlindungan diri inilah maka persekutuan manusia dibutuhkan kehadiran seorang pemimpin atau penguasa  yang mampu memenuhi kebutuhan penduduknya.
Dengan sifat alamiah tersebut, maka akan berakar pada penaklukan atau spirit solidaritas ataupun bersifat religius dan berakar pada hokum atau ketentuan agama. Sistem alamiah atau disebut sebagai sistem rasional oleh Ibnu Khaldun, hanya menyangkut pada perbedaan terhadap dunia diantaranya mereka pahami.


Maka, dapat dipahami bahwa agama mempunyai pilihan alamiah dan non alamiah, hal ini berbagai persoalan terkait dengan bagian dari perbedaan diantaranya. Pilihan ini merupakan bagian dari suatu dunia yang berbeda.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close