Identifikasi Prinsip Struktural Pada Sistim Sosial

11/06/2018

Pada suatu tataran yang paling luas dalam analisis instutusional dapat dipahami sebagai suatu analisis prinsip structural yang mengacu pada mode-mode diferensiasi dan artikulasi berbagai instutusi lintas jangkauan paling dalam atas ruang dan waktu.

Memahami perangkat structural atau struktur akan melibatkan sebuah perkumpulan yang berbeda dengan hubungan transformasi atau yang tersirat pada penandaan prinsip structural. Karena dalam hal ini, perangkat structural terbentuk pada daya saing tukar kaidah dan sumber daya yang terlibat dalam reproduksi sosial.

Struktur secara analisis dapat dibedakan dengan masing-masing dari berbagai dimensi, yakni strukturasi, signifikansi, legitimasi, dan dominasi atau pada semuannya. Maka, suatu struktur akan merujuk kepada seperangkat unit sosial yang relatif stabil dan berpola.
Atau dalam hal ini, suatu sistim dengan berbagai pola relatif abadi, maka suatu lembaga sosial berperan dalam menjaga kestabililan sosial dengan berbagai prespektif. Misalnya, suatu hubungan sosial seluruhnya secara eksklusif terjadi karena adanya probabilitas dimana aka nada suatu arah tindakan sosial dalam suatu pengertian yang dapat dipahami secara bermakna.


Maka, dalam hal ini peran suatu prinsip structural pada sistim sosial, dapat dipahami sebagai bagian dari pola yang mengenai bagaimana struktur sosial berlangsung dengan baik. Hal ini, tentunya sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat dengan berbagai sumber daya yang ada.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close