Istilah Mengapa Politik Pranata Sulit Di Pertahankan ?

11/22/2018

Berbagai perkembangan pembangunan ekonomi yang memadai ternyata jauh pada kerangka demokrasi, dimana dalam hal ini mencoba melakukan rekonsialisasi dari berbagai fakta yang seakan bertentangan satu sama lain.

Jika memahami bagaimana suatu Negara telah berkembang secara ekonomis, maka Negara tersebut perlahan bergerak pada wilayah transisi yang daripadanya mulai terlihat bagaimana pranata politik tradisional semakin sulit dipertahankan.

Dalam situasi yang demikian, maka sistem politik apa yang hendak menggantikan pranata politik tradisional yang mulai tampak namun goyah. Jika menurut Huntington, maka situasi yang harus secara otomatis menjadikan peluang untuk berkembangnya demokrasi ala Barat.
Berbeda dengan Negara yang sedang transisi dengan memiliki pilihan berbagai alternative, dan lebih dari itu dimana masa depan perkembangannya tergantung pada pilihan sejarah yang dilakukan oleh elit Negara.. Sebagai pemahaman, maka suatu kemakmuran, kesejahteraan merupakan salah satu bagian dari tumbuhnya Demokrasi suatu Negara.

Kemudian, berbagai yang tersedia terhadap struktur sosial yang artikulatif dan tersebar merata secara luas serta tersedia berbagai kelompok yang secara relative otonom, seperti kelompok usahawan, asosiasi, profesi, kelompok agama, etnis, dan sebagainya.


Maka, pranata sosial masyarakat mesti dibentuk berdasarkan demokrasi yang saat ini tumbuh perlahan berdasarkan peluang yang tercipta dengan sumber yang telah ada.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close