Teknologi Modern : Pandangan Berdasarkan Prespektif Sosiologi

11/12/2018

Keberadaan teknologi modern telah membawa suatu Negara pada sistim hal paten dari setiap inovasi yang tercipta. Hal ini menjadi peluang bagi masuknya teknologi modern untuk berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Keberadaan teknologi modern saat ini, merupakan cara sederhana dapat dijumpai secara bersamaan. Meskipun demikian, sebagain besar masyarakat telah melalui perkembangan teknologi sederhana menjadi teknologi modern.

Pada sebagian masyarakat, perkembangan teknologi merupakan bagian dari pembelajaran, informasi serta kebutuhan akses yang berhubungan pada ruang lingkun manusia (sebagai pengguna). Maka, dengan hadirnya teknologi modern tidak serta merta menghilangkan keberadaan teknologi modern secara berdampingan dengan teknologi sederhana.
Keberadaan teknologi sederhana tetap dimanfaatkan oleh sekelompok orang, semantara ada yang menggunakan teknologi modern tersebut. Keduan hal tersebut, merupakan bagian dari sistim sosial terhadap prespektif mengenai perkembangan teknologi.


Sementara, perkembangan wacana terhadap pendekatan yang adapun sangat beragam, terutama dikaitkan dengan perkembangan masyarakat atau perubahan sosial. Sehingga, muncul yang disebut dengan sistim nilai yang menentukan sikap mengenai apa yang akan diambil mengenai perihal kehidupan, sosial, ekonomi serta aspek lainnya, berdasarkan sistim makna atau sistim kognitif yang dianutnya (Poerwanto : 2000 :57).

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close