Budaya Sebagai Sistem Pemikiran Yang Mencakup Gagasan

12/21/2018


Konsep suatu gagasan mengenai budaya, dapat dipahami sebagai kebudayaan yang dimiliki berbagai aturan serta pemaknaan yang merupakan hasil dari proses sosial. Berbagai gagasan mengenai suatu budaya pemikiran merupakan salah satu bagian suatu proses belajar, dimana dalam hal ini dengan berbagai kemungkinan  yang menurut Clifford Geertz berpendapat  bahwa suatu kebudayaan  merupakan hasil dari proses sosial.

Dalam suatu perkembangan yang tampak pada berbagai pembatasan konsep suatu kebudayaan  lebih ditekankan pada hal yang bersifat abstrak daripada bersifat konkret. Dalam konteks ini, maka agar dapat memahami  suatu kebudayaan kita harus lebih  memperhatikan suatu hubungan sebab akibat.

Selanjutnya, untuk memahami suatu pemaknaan yang selalu mempuyai aspek kognitif  dan aspek evaluatif.  Melalui pemahaman terhadap aspek kognitif akan didapatkan sistem berbeda. Maka, suatu penganut kebudayaan  dapat melihat dunia masyarakat serta setiap individu.


Dengan pemahaman terhadap aspek evaluatif ini akan diperoleh suatu pengetahuan dan kepercayaan tertentu yang ditransformasikan menjadi nilai-nilai yang pada gilirannya akan menjadi bagian dari sistem nilai. Suatu perkembangan teknologi tentunya secara sosiologis terdapat beberapa factor kultural yang mendorong maupun menghambat proses perkembangan teknologi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close