Memahami Tipe Otoritas Dan Bentuk Organisasi Sosial

12/11/2018

Tindakan sosial individu membentuk bangunan dasar untuk struktur sosial yang lebih besar, dimana dalam hal ini telah dijelaskan dalam The Theory Of Social and Economic Organization, menjelaskan bahwa Weber meletakkan dasar ini dengan mengembangkan serangkaian distingsi-distingsi tipologis yang bergerak dari tingkat hubungan sosial ke tingkatan keteraturan ekonomi dan sosial politik.

Konsep legitimasi ketaraturan sosial mendasari analisis Weber mengenai institusi ekonomi, politik dan agama serta interpretasinya mengenai perubahan sosial. Stabilitas keteraturan sosial yang abash tidak tergantung pada semata-mata pada kebiasaan saja.

Sebaliknya, dalam hal ini didasarkan pada penerimaan individu akan norma atau peraturan yang mendasari keteraturan sebagai sesuatu yang dapat diterima atau yang diinginkan. Suatu Norma yang menjadi sebuah keteraturan yang dianggap memungkinkan pada konvensi atau hokum.

Suatu kepentingan diri individu memungkinkan untuk mematuhi berbagai dasar pokok yang sesuai dengan stabilitasnya yang langgeng. Maka, hubungan sosial dalam berbagai tipe pada keteraturan sosial yang baru diperlihatkan untuk menunjukkan keanekaragaman yang berbeda-beda.


Berbeda jika hubungan yang bersifat asosiatif (rasional) dan bukan komunal (emosional), yang meliputi staf administratif, dan tipe berbagai kebijakan yang tertentu terus menerus maka suatu hubungan itu menunjukkan pada organisasi yang memiliki kebijakan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close