Polemik Google Dan Facebook Terhadap Kebijakan AS

1/23/2019

Dua perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Google dan Facebook yang sudah rela mengeluarkan kocek lebih untuk melakukan negoisasi pada tahun 2018. Negoisasi ini dilakukan dengan seiring kebijakan Washington yang kian ketat mengatur perusahaan teknologi besar (Big Tech).

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (23/1), Google telah mengeluarkan anggaran lebih dai sekian $ untuk melobi Washington di tahun 2018, menurut informasi resmi dari federal. Seperti untuk pertama kalinya, CEO Google Sundar Pichai pada tahun lalu menghadap Kongres AS, untuk menjelasakan bahwa pencarian dan Algoritma Google sarat dengan pandangan konservatif yang disukai oleh Pimpinan AS.

Industri teknologi memiliki alasan kuat untuk meningkatkan biaya lobi tersebut, karena perusahaan tengah menghadapi pengawasan ketat dari kongres dan regulasi yang menyangkut pelanggaran penggunaan data pribadi pengguna.

Hal ini berkaitan dengan masalah Rusia, yang menggunakan platform media sosial untuk melakukan propaganda untuk mempengaruhi pemilu presiden AS pada tahun 2016. Sementara beberapa kritikus menilai industri teknologi telah tumbuh besar dan terlalu kuat, yang mempengaruhi dunia politik dan organisasi.

Google sendiri, menjadi perusahaan teknologi yang mengeluarkan anggaran lobi tertinggi di Washington. Kepala Kebijakan Global Google Karan Bhatia, tengah berpikir ulang untuk merombak strategi lobi di Washington di tengah serangan balasan.
Tidak hanya itu saja, Bhatia juga mesti menghadapi aturan perlindungan data pribadi pengguna, yang diketahui pengawasannya sangat ketat di wilayah California karena didorong kehadiran Undang-Undang baru dan upaya untuk membuat perusahaan teknologi bertanggung jawab atas konten yang disebarluaskan pada layanan mereka.

Google mengatakan akan melakukan lobi terhadap puluhan masalah, yang mencerminkan bahwa perusahaan berusaha mengintegrasikan layanan dengan bisnis perdagangan di AS. Kuartal empat tahun lalu, Facebook berupaya melobi beragam isu dari keamanan cyber, akses data pribadi, pengawasan pemerintah dan imigrasi.

Seorang juru bicara asosiasi Noah Theran, mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk bekerja sama dengan pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya dan menyelaraskan sumber daya untuk mencapai undang-undang privasi nasional.

Sumber : https://internasional.kontan.co.id/news/google-dan-facebook-keluarkan-kocek-besar-untuk-lobi-pemerintah-as 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close