Perubahan Bidang Politik Akibat Globalisasi

3/18/2019

Revolusi teknologi dapat dipahami sebagai metode untuk memahami berbagai perubahan terhadap dinamika politik di Republik Indonesia ini. Dalam hal ini, berbagai tatanan yang telah dipahami bukan hanya revolusi dialogis, dimana pada gelombang globalisasi menurut Gonzales perlu disimak dengan berbagai akibat implikasi terhadap Negara bangsa.

Salah satu yang paling krusial di dalam pertumbuhan Demokrasi ialah masalah perwakilan yang hanya ada di dalam konteks Negara-bangsa apabila Negara-bangsa tersebut menghilang maka masalah perwakilan menjadi suatu tanda tanya.

Perubahan mengenai dibidang politik akibat globalisasi terlihat dari adanya kesatuan supranasional dengan berbagai cakupan blok politik dan militer (NATO), kemudian koalisi kekuasaan dominan, organisasi kesatuan regional (Masyarakat Eropa), organisasi berskala Internasional (PBB dengan badan-badang khususnya.


Kemudian, terjadi berbagai bagian elementer dari tatanan pemerintahan. Yang memang memiliki fungsi kekuasaan tertentu yang dilaksanakan oleh badan berwenang supranasional ketika itu, dengan terjadi peningkatan homogenisasi politik. Sistem Demokrasi benar-benar menjadi sistem politik universal.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close