Sosialisasi Politik Terhadap Pembelajaran Bersama

3/03/2019

Pengertian mengenai sosialisasi politik, yang merupakan salag satu proses di mana orang belajar tentang politik dan mengembangkan orientasi pada politik. Proses tersebut hakikatnya merupakan upaya mempelajari nilai-nilai atau budaya politik masyarakat. Sosialisasi politik pada dasarnya adalah proses belajar, baik dari pengalaman maupun pola-pola tindakan. 

Sosialisasi politik memberikan indikasi umum hasil belajar mengenai tingkahlaku politik dan kelompok berkenaan dengan pengetahuan, nilai-nilai, dan sikap-sikap politik tertentu. Maka, dari itu berbagai sosialisasi politik tidak hanya berlangsung pada fase anak-anak dan remaja, melainkan berlangsung sepanjang hayat.

Mengenai persoalan terhadap sosialisasi politik, tentunya akan memberikan penjelasan mengenai tingkah laku politik masyarakat, karenanya merupakan prakondisi yang diperlukan bagi aktivitas politik. Dengan memahami mengenai hal ini maka, dalam sosiologi politik akan bersifat laten dan manifes. 


Memahami, sosialisasi politik laten akan berlangsung dalam transmisi informasi, nilai-nilai atau perasaan terhadap peran, input, dan output sistem sosial (misalnya keluarga) yang mempengaruhi sikap terhadap peran, input, dan output sistem politik. Sedangkan, sosialisasi politik manifes berlangsung dalam bentuk transmisi informasi, nilai-nilai atau perasaan terhadap peran, input, dan output sistem politik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close