Masyarakat Pedesaan Dengan Usaha Kolektifitas

4/06/2019

Mata pencaharian serta usaha-usaha kolektif merupakan salah satu ciri kehidupan masyarakat Desa. Mengenai ukuran komunitas mereka komunitas Desa lebih kecil dengan komunitas kota. Mengenai kepadatan penduduk dinyatakan dengan tingkat kepadatan pendudk Desa yang lebih rendah dibandingkan dengan di Kota.

Lingkungan dalam hal ini, mereka membedakan lingkungan fisik (unorganic), lingkungan biologis (organic), dan lingkungan sosio-kultural. Pada ketiga jenis lingkungan itu masyarakat Desa yang cendrung berada dalam posisi pasif dan dipengaruhi.

Mengenai diferensiasi sosial dinyatakan bahwa masyarakat Desa lebih rendah dibanding dengan masyarakat kota. Konsep diferensiasi sosial dinyatakan dengan adanya masyarakat Desa, maka dengan berbagai kelompok groupings yang ada dalam suatu masyarakat tanpa melihat tinggi rendahnya kedudukan antara pelbagai kelompok tersebut.

Stratifikasi sosial menggambarkan kelompok yang ada dalam masyarakat dalam sususnan yang bersifat hierarkis. Tetapi pada karakteristik masyarakat pedesaan saat ini, tidak terlihat tajam seperti pada masyarakat kota.


Untuk itu, sebuah gambaran mengenai berbagai sistem sosial pada masyarakat yang dapat dipahami dengan berbagai sistem sosial yang berkaitan dengan berbagai kota yang justru didasarkan pada perbedaan-perbedaan

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close