Menunjuk Pada Society : Suatu Sistem Dari Kehidupan Bersama

7/03/2019

Sebagai suatu sistem bersama dari kehidupan bersama, maka manusia pada hakikatnya tidak bisa memiliki kemampuan sendiri. Manusia memiliki kebutuhan untuk hidup secara berkelompok (bersama) dalam suatu ikatan nilai-nilai bersama.

Nilai-nilai inilah dipegang dan disosialisasikan kepada generasi manusia berikutnya yang menjadi kelompok mereka kelak. Dalam kehidupan sebagai makhluk sosial yang terus berusaha mengembangkan self-nya untuk tetap diterima oleh kelompoknya.

Perkembangan diri self manusia oleh Charles H. Cooley dijelaskan dalam teori yang dinamakan looking-glass self, dimana Cooley melihat bahwa konsep diri seseorang berkembang melalui interaksi dengan orang lain. Hal ini, menganologikan proses pembentukan diri seseorang dengan berbagai cermin.


Hal ini, akan berkaitan dengan berbagai hubungan dalam pembangunan manusia yang berlangsung sesuai dengan sistem sosial yang ada di masyarakat saat ini. Dimana, dalam hal ini berbagai kebutuhan yang memang memungkinkan manusia untuk bertindak lebih baik kembali.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close