Latar Belakang Geografis Kepulauan Indonesia

9/09/2019

Kepulauan Indonesia, dengan wilayah darat dua juta kilometer persegi, hampir tiga kali lebih besar dibanding Negara Texas. Kalau perhitungan luas lautan diantara pulau-pulau itu, dimana wilayah jauh lebih besar lagi. Dari Barat ke Timur, yakni dari titik barat jauh lebih besar. Perbatasan Sumatera ke perbatasan Australia di Papua, jaraknya hampir 5.000 km.

Gambaran mengenai kepulauan Indonesia yang mencapai pembandingan Tanah yang membentuk Amerika Serikat continental tanpa Alaska. Pada ujung kepulauan ini terletak di Sumatra, memanjang Barat laut ke Tenggara, dan luasnya kira-kira sama dengan gabungan Negara bagian Virginia, Carolina Utara dan Selatan, dan Georgia.

Pantai Barat Sumatera yang berbukit-bukit, dimana bagian Timur yang terdiri dari daratan yang mendekati laut, akan berubah jadi tanah basah dan rawa-rawa. Mengenai letak sejarah kepulauan Indonesia, memiliki wilayah yang dibatasi berbagai selat.

Berbagai keindahan letak kepulauan masyarakat mereka memiliki berbagai peran terhadap dinamikan sosial dan budaya mereka yang berbeda-beda. Keterbatasan akses merupakan salah satu bagian dari kekuarangan yang dimiliki bangsa ini. 


Berbeda sekali dengan pulau yang menyerupai kehidupan flora dan fauna semantara gugus pulau di Timur berhubungan dengan Australia. Berbandingan mengenai laut dalam dinamika masyarakat yang menyerupai berbagai keterhubungan masyarakat yang berbeda. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close