Etika Protestan : Revolusi Industri

10/27/2019


Sikap modern masyarakat Barat terhadap kerja berbeda dengan sikap masyarakat terdahulu (pra-industri). Sikap modern masyarakat Barat bersumber pada etika protestan dan revolusi industri. Hal ini yang mempengaruhi berbagai hal terkait dengan peran etika pada masyarakat Barat.

Dari hasil berbagai kajian menyatakan bahwa protestanisme memiliki peran penting dalam memproduksi etika kerja kontemporer. Berbagai hal terkait revolusi industri, akan berkaitannya dengan masa lalu hingga pemajuannnya menuju masa kini.

Hal ini, untuk bisa diketahui dengan berbagai hal terkait dengan prilaku tertentu yang membuka ruang terhadap prilaku dalam kerja. Karena, dalam hal ini berkaitan dengan bekerja yang penuh dedikasi dan komitmen untuk meyakinkan diri pada Tuhan.

Selain pengaruh dari etika protestan , sumber sikap modern terhadap kerja disebabkan oleh revolusi industri. Dengan berbagai hal terkait dengan sistem perubahan pada masyarakat pekerja. Awal dari sebuah perubahan mesti diketahui dengan berbagai hal hubungannya mengenai orientasi tugas (task orientation).


Pengertian mengenai orientasi tugas, ada pada masyarakat industri dimana terdapat pembagian kerja yang berlangsung pada sistem budaya masyarakat yang membuka ruang dan waktu terhadap tugas yang dikerjakan. Prihal mengenai berbagai tugas akan masuk pada konteks masyarakat.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close