Liberalisme : Berbagai Pengertian Mengenai Kelas Pekerja

10/30/2019

Pengertian mengenai paham liberalism akan diketahui berdasarkan kelas yang dibuat oleh pengusaha sebagai bagian dari kelas yang menjadi perhatian dalam sistem ekonomi klasik. Hal ini, berlangsung sesuai dengan pandangan yang lebih modern dalam bidang manajemen dan hubungan industrialisasi yang muncul pada tahun 1930an.

Dalam pandangan ini para pekerja mulai dipandang sebagai individu yang juga makhluk sosial yang berinteraksi sesamanya. Hal yang perlu diketahui bahwa dalam memahami perkembangan hubungan industrialisasi bukan saja ditentukan oleh perkembangan dalam bidang manajemen, tetapi juga dipengaruhi oleh perkembangan politik pada akhir abad XIX dan permulaan abad XX.

Perkembangan politik pada waktu itu dodominasi pada sistem politik demokrasi di Indonesia. Karena, akan mempengaruhi segala hal terkait dengan sistem politik demokrasi rakyat. Hal ini, tidak bisa dihindari ketika peran serta terhadap berbagai pengambilan keputusan yang dibuat berdasarkan keputusan Negara.

Kehidupan ruang public kembali risuh dimana mereka menuntut hak mereka sebagai pekerja, dan berdasarkan perubahan yang dibuat mengkondisikan para buruh untuk semakin terlindungi ketika berhadapan dengan public.

Sistem politik demokrasi merupakan peran penting dalam perubahan pada kelas pekerja, hal ini tentunya akan berkaitan dengan kebutuhan mereka secara mendasar. Dengan masing-masing kepentingan, maka peran serta pemerintah yang mewakili kepentingan Negara dan masyarakat mulai ikut campur dalam hubungan industrial.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close