Solidaritas Mekanik : Ruang lingkup Yang Menekan (Repressive)

10/07/2019

Solidaritas mekanis didasarkan atas persamaan, dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh jenis solidaritas pada semua anggota yang mempunyai kesadaran kolektif serta pengertian mengenai keseluruhan keyakinan dan perasaan yang membentuk sistem tertentu, serta mempunyai kehidupan sendiri dan dimiliki bersama oleh anggota masyarakat.

Kesadaran kolektif itu, mempunyai sifat keagamaan karena mengharuskan rasa hormat serta ketaatan. Kemudian, indikator yang paling jelas memberikan suatu pemahaman mengenai kerja. Hukum yang mendefinisikan pada setiap perilaku sebagai sesuatu yang melanggar kesadaran kolektif.

Ciri khas yang penting dalam hal ini, dari solidaritas mekanik adalah bahwa solidaritas itu didasarkan pada suatu tingkat homogenitas yang tinggi dalam kepercayaan, sentiment, dan sebagainya. Homogenitas itu hanya mungkin kalau pembagian kerja bersifat sangat minim.

Sementara, itu berbagai hal terkait dengan sistem sosial di masyarakat, kerja merupakan salah satu pengertian mengenai pembagian kerja yang bertambah besar. Solidaritas itu, didasarkan pada tingkat saling ketergantungan yang tinggi.


Saling ketergantungan itu bertambah sebagai hasil dari bertambahnya spesialisasi dalam pembagian kerja yang memungkinkan bertambahnya perbedaan di kalangan individu. 

Dari pemikiran kedua ahli sosiologi dapat dikatakan bahwa dalam konsepsi para ahli, adalah jika manusia bebas dari hambatan sosial (social constraint) pada setiap manusia dilingkungannya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close