Masyarakat Pedesaan : Pedalaman Kaltim Disebut Kandema

10/07/2019


Kaltim di Kutai Kartanegara. Namanya Bayu Surya Gandamana. Ibu suku Banjar, ayah suku Gandamana - -ups Ponorogo. Ia pernah ke Kenohan. Sebuah kecamatan di pedalaman Kutai Kartanegara. Saya juga pernah ke sana. Zaman muda dulu. 

Belum ada jalan waktu itu. Masih harus naik perahu. Menyusuri sungai Mahakam yang meliuk-liuk. Dari Samarinda ke arah hulu. Perlu waktu 3 hari tiga malam. Tidak menyangka Desa Tuana Tuha, di Kecamatan Kenohan itu kelak bakal mendunia. Di tahun 2019.

Pohon Kandema itulah yang membawa Kaltim terkenal hari-hari ini. Juga yang membuat ratusan penduduknya hidup kian sejahtera. 

Daun tanaman itu laku sampai ke Amerika. Dijual sebagai obat. Bisa membuat otak yang lemah merespons lebih baik. Juga mengurangi rasa sakit.

Tapi juga ada yang menyalahgunakannya. Memakannya melebihi batas. Sebagai obat penggembira. Juga pelupa derita.  Bahkan bisa lupa untuk selama-lamanya --130 orang Amerika mati tiap hari karena kelebihan dosis itu (Kutipan : Di’S Way).

Berbagai hal terkait dengan pengobatan yang dilakukan, akan merusak setiap manusia yang tumbuh, hal ini memang tidak bisa dihindari dengan berbagai persoalan mengenai kehidupan orang banyak.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close