Tipe-Tipe Partisipasi Politik : Oleh Samuel P. Huntington Dan Nelson

11/03/2019


Dengan mempelajar politik, dapat diketahui bahwa terdapat partisipasi otonom dan partisipasi yang dimobilisasi. Karena, dalam partisipasi politik otonom dapat didefinisikan sebagai seorang kelompok yang bertindak politik dengan didorong oleh kesadaran sendiri.

Sementara, partisipasi politik dapat didefinisikan sebagai seseorang atau kelompok yang bertindak politik karena factor dorongan pihak diluar dirinya. Tipe-tipe partisipasi  yang diterangkan oleh Huntington dan Nelson merupakan suatu upaya untuk dapat memberikan penjelasan terhadap gejala-gejala yang umum terjadi di Negara berkembang.

Menurutnya suatu tindakan partisipasi masyarakat di berbagai Negara berkembang cenderung tidak bersifat sukarela karena mengikuti anjuran, bujukan serta berbagai hal terkait dengan pihak diluar kelompok. Hal ini, merupakan salah sati definisi dalam suatu masyarakat yang erat dengan kemampuan yang memadai untuk melakukan penilaian secara rasional.

Sementara, elite politik memanfaatkan situasi untuk kepentingan mereka terutama dalam upaya meraih dukungan suara dalam pemilihan umum. Berbagai hal terkait dengan sistem budaya politik di masyarakat. Akan berbeda, dengan suatu kampanye yang dilakukan organisasi politik.

Perbedaan, mengenai hal tersebut merupakan salah satu bagian dari sistem sosial budaya di masyarakat. Karena, dalam hal ini dengan berbagai istilah dan proses berlangsungnya politik di masyarakat. Karena, adanya kegiatan kampanye pemilihan umum memang tida menutup kemungkinan  adanya organisasi politik yang mengerahkan massanya.

Tetapi, dalam hal ini memiliki dampak terhadap stabilitas politik suatu Negara. Akan berbeda pula dengan sistem sosial politik yang ada di masyarakat. Berbagai pengertian mengenai hal ini, dapat diketahui dengan berbagai hubungan sosial di masyarakat. Karena, menariknya hanya akan menjadi daya tarik tersendiri dalam suatu kampanye.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close