Identitas Etnik Memiliki Tiga Tingkatan

1/24/2020

David Brown menekankan bahwa etniksitas adalah suatu ideology yang dimiliki oleh individu untuk memecahkan masalah ketidakamanan yang muncul dari penempatan dalam struktur kekuasaan. Dalam suatu interaksi yang terjadi dalam masyarakat, identitas etnik memiliki tiga tingkatan , yaitu identitas yang ditentukan sendiri oleh orang yang bersangkutan.

Kemudian, identitas yang dipersepsikan oleh orang lain dan identitas yang ditentukan oleh Negara. Contoh dalam hal ini, berkaitan dengan sensus yang pernah berlangsung di masyarakat. Identitas etnik menggambarkan dengan orang yang bersangkutan atau individu. 

Dalam hal ini, dengan berbagai istilah yang dibuat berdasarkan sistem sosial di masyarakat merupakan bagian dari suku. Identitas etnik yang terus berkaitan dengan sistem budaya masyarakat yang saling berkaitan dengan apa yang ditentukan dengan perpaduan yang konkrit berdasarkan kelompok etnik yang berkaitan dengan sistem etnis yang bersangkutan. 

Sedangkan contoh yang konkrit yang ditentukan oleh Negara adalah Negara Singapore, dimana Negara tersebut telah menetukan keberagaman etniknya pada penduduknya dengan 4 kategori, yaitu (Chinese, Malay, Indis and Others)


Pengategorian ini secara otomatis telah membatasi keberagaman kelompok etnis yang menentukan ke dalam kelompok mana kita masukan. Maka, Negara memiliki kekuasaan dalam menentukan kelompk etnis dominan yang dianggap sebagai komponen utama pembentuk Negara.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close