Aliansi Masyarakat Adat : Menghadapi Persoalan Investasi

2/05/2020

Persoalan masyarakat adat yang dapat  diketahui dengan berbagai hal terkait iklim investasi, dalam hal ini  yang perlu diketahui terkait  “ Catatan Akhir Tahun (CATAHU) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) 2019 terasa lebih istimewa dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2019, AMAN merespon dan melibatkan diri ke dalam proses Pemilu 2019. Amatan terhadap berbagai tantangan Pemilu menjadi penting untuk disampaikan dalam CATAHU ini.


Tahun 2019 juga istimewa karena menandai berakhirnya Pemerintahan Jokowi-JK dan awal dari Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Wakil Presiden yang berbeda tetapi Presidennya tetap sama. Karena itu, CATAHU AMAN 2019 tidak saja memotret apa yang dicapai dan apa yang gagal dicapai oleh Pemerintahan Jokowi-JK tetapi juga apa yang dijanjikan Jokowi-Ma’ruf Amin untuk 5 tahun ke depan bagi Masyarakat Adat.
Tema “Mengarungi Badai Investasi” yang diangkat dalam CATAHU ini adalah tema yang sengaja dipilih untuk memotret situasi yang kerap mempertemukan Masyarakat Adat dengan investasi dan pemerintah pada pusaran konflik sebagai akibat dari investasi maupun pelaksanaan kewenangan negara di atas wilayah-wilayah adat yang berdampak pada kerugian bagi negara, investasi,
Masyarakat Adat dan lingkungan hidup, terutama di tengah lemahnya kerangka kebijakan negara dalam mengakui dan melindungi Masyarakat Adat dan wilayah adat. Tema ini pun penting karena Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin memiliki rencana pembentukan Omnibus Law di Bidang Investasi yang didasarkan pada semangat untuk memberi kemudahan bagi investasi.



0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close