Pengetahuan Tradisional Masyarakat Adat

2/05/2020

Seringkali, pada masyarakat perkotaan akan tidak memahami peran masyarakat adat pada kawasan masyarakat pedesaan berdasarkan sistem budaya yang mereka ketahui masih menjadi bagian dari kehidupan mereka. Tetapi, dapat diketahui singkat mengenai hal ini.

Pengetahuan tradisonal merupakan cara mereka dalam melestarikan kearifaan lokal mereka terhadap berbagai sumber daya mereka berdasarkan keberadaan mereka terhadap upaya pelestarian hutan adat yang mereka miliki secara kolektif.

Pada masa itu, masyarakat adat memahami berbagai hal terkait sumber daya mereka berdasarkan dinamika budaya mereka yang terus berkembang. Menurut mereka, pengetahuan tradisional mereka merupakan bagian dari sumbangsih mereka terhadap dunia pada wilayah adat yang mereka jaga.

Menurutnya, dalam hal tersebut berbagai spritualitas adat dan pemerintahan adat terus menjadi bagian dari keberadaan mereka terhadap tradisi adat. Pengertiaj sederhana ini, untuk bisa dipahami berdasarkan persoalan mereka yang merasa sering dikriminalisasikan. 

Hanya saja, persoalan mereka pengetahuan masyarakat adat belum disahkan atau di Undang-Undangkan yang secara baik melindungi mereka. Untuk itu, berbagai hal terkait dengan persoalan pengetahuan tradisional mereka miliki, dimulai dari pengetahuan tradisional mereka terhadap sistem pertanian, hutan adat, maupun sistem sosial politik mereka.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close