Apa Saja Potensi Desa ?

2/17/2020

Potensi pedesaan masyarakat dalam menghadapi globalisasi, tentunya yang ada pada masyarakat pedesaan di masing-masing wilayah. Karena, berdasarkan peran dari komunitas desa yang memiliki berbagai aneka ragam jenis komoditi yang layak berdasarkan tekstur atau iklim dari suatu wilayah masyarakat desa.

Biasanya, masyarakat pedesaan memahami potensi pedesaan dari yang lunak, keras hingga berbagan lembut yang baik untuk dikonsumsi masyarakat pedesaan dan perkotaan. Pengertian pada sistem pedesaan dapat diketahui berbagai sumber pedesaan yang memiliki berbagai kebutuhan masyarakat.

Kalau dipahami secara sederhana yaitu pembudidayaan, baik itu secara organik dan non organik. Pada masyarakat pedesaan akan dibuat sistem sosial mereka secara kelompok, dan komunitas yang berbasis swadaya atau pemberdayaan.

Dari situ, dipahami apa saja potensi pedesaan yang berperan terhadap sistem sosial masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan mereka sehari-hari, karena dengan demikian berbagai hal terkait dengan aktivitas mereka secara berkala, hal itu merupakan bagian dari sistem masyarakat yang erat dengan potensi sistem pedesaan. 

Akan berbeda dengan pengetahuan yang mereka miliki. Biasanya masyarakat pedesaan yang berumur diatas kaum muda lebih aktif dalam memahami potensi masyarakat pedesaan mereka. Karena, dengan demikian berbagai hal terkait dengan sistem sosial mereka serta budaya yang mereka miliki masing-masing wilayah.

Dengan begitu, akan tampak apa yang menjadi bagian dari komoditi masyarakat dalam memahami potensi desa yang berperan dalam sistem sosial budaya masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close