Budaya Politik Lokal : Pengertian Budaya Sebagai Orientasi Pemikiran Politik ?

2/20/2020


Adanya perbedaan pandangan akan membuat semua sistem sosial ekonomi berubah secara dratis. Berbagai proses sosialisasi politik di tiap Negara dapat menimbulkan budaya politik yang berbeda di tiap Negara. Selanjutnya budaya politik yang berbeda pada tiap Negara dapat menyebabkan perbedaan kinerja sistem plitik tiap Negara.

Budaya politik yang juga membentuk identitas Nasional, sebab budaya politik merupakan sikap, tingkah laku, dan orientasi pemikiran politik dari masyarakat. Budaya politik, merupakan norma dan nilai-nilai yang melekat di dalam diri  individu serta menjadi dasar bagi cara pandang, sikap maupun tingkah laku individu itu sendiri.

Akibatnya suatu budaya politik dapat berkembang, berubah ataupun tetap kemungkinan besar budaya politik memang akan cenderung untuk terus menerus berkembang atau berubah, akan tetapi bila dipahami berbagai persoalan terkait dengan sosialisasi politik yang merupakan proses pewarisan nilai dan norma politik dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

Politik lokal dapat dipahami berdasarkan sistem yang berjalan sesuai sistem yang ada di masyarakat, karena dalam hal ini sebagai salah satu kebudayaan suatu Negara, budaya politik merupakan satu diantara banyaknya jenis lingkungan yang mengelilingi, mempengaruhi dan bahkan menekan sistem politik.

Sedangkan di dalam sistem budaya  politik sendiri interaksi di sejumlah sistem antara lain sistem ekologi, sistem sosial, dan sistem kepribadian yang tergolong dalam kategori lingkungan dalam masyarakat, maupun lingkungan luar masyarakat yang merupakan hasil kontak sistem politik dengan dunia luar.

Budaya mengajarkan kita untuk memahami berbagai maksud yang berbeda, tentu dalam hal ini sesuai dengan konteks dan makna pembicaraan yang dimaksud. Bila melihat dan memahami berbagai ragam budaya, maka hal yang dapat dipastikan yang dapat menjadi pegangan setiap individu dan kelompok untuk memahami berbagai keseluruhan yang pasti dengan suasana etis dan moral.

Memahami berbagai ragam moral dapat diketahui berbagai hal terkait dengan sistem sosial yang dilihat dari aksiologi yang mana dalam bidang filsafat dapat dikaji menjadi dua, yaitu etika dan estetika. Kedua hal tersebut, menjelaskan berbagai nilai  budaya yang dipahami sebagai yang diyakini dalam mengatur kehidupan manusia dan masyarakat.


Dengan mempertimbangkan dan mengembangkan keyakinan diri dan aturan masyarakat, yang mana untuk hal itu dibutuhkan pemahaman mengenai setiap perenungan yang mendalam. Nilai yang berkaitan dengan erat dengan manusia dalam kehidupan sehari-hari, maupun hubungan dengan keindahan. Tentunya keduanya memiliki nilai tersendiri.

Secara perlahan dapat dipahami dengan berbagai sesuatu yang penting ketika manusia memahami agama dan keyakinan beragama.. karena dalam hal ini memahami Nilai budaya akan berhubungan dengan warga masyarakat, warga suatu bangsa, dan sebagai pemeluk suatu agama, dan sebgai warga dunia.




0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close