Prespektif Sosiologi Ekonomi Dalam Pembangunan

4/01/2020

Pengertian mengenai starting point adalah suatu analisis ekonomi didasari individu. Hal ini dilandasi paham utilatirianisme dan ekonomi politik yang dalam menjelaskan transaksi ekonomi semuanya, dan dilandasi berdasarkan individualisme. Hal ini juga didasari pemikiran dari Adam Smith dalam karyanya “An Inquiry into the Nature and Causes of The Wealth of Nations” yang ditulis pada tahun 1776.

Gagasan mengenai prinsip individualisme dikemukakan dengan berpandangan bahwa motif manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi didasari oleh interes pribadi. Berdasarkan hal ini, maka motif kepentingan individu yang didorong aliran pemikiran liberalism, yang pada akhirnya muncul sebuah pengertian mengenai sistem ekonomi pasar bebas yang berkembang menjadi sistem ekonomi kapitalis.

Ekonomi pasar merupakan bagian dari ekonomi kerakyatan yang didukung adanya sistem sosial yang terbentuk berdasarkan sistem tatanan sosial pada masyarakat kota. Biasanya, diketahui dengan berbagai perbedaan sosial, yang dimulai dari sistem mata pencaharian, serta berbagai hal terkait dengan faktor pendukung yang mengakibatkan masyarakat terbentuk dengan berbagai perbedaan.

Pada dasarnya, konsep utama dari Smith adalah “laissez faier”, yakni kurangnya intervensi pemerintah (negara) dalam sistem ekonomi masyarakat yang menciptakan adanya individualisme ekonomi dan kebebasan ekonomi. 

Muara dari keseluruhan pemikiran itu adalah terciptanya individu manusia ekonomis (homo economicus) yang mengutamakan kepentingan individu dan sangat mengedepankan rasionalitas penuh (Heilbroner, 1986). Dasar ini merupakan bagian dari sistem penuh yang didasari dengan berbagai istilah pada manusia.

Sementara, utilatirianisme (rasionalitas utilatirianisme) itu sendiri menurut Lawang (2005) adalah prinsip utama dari ekonomi. Gagasan mengenai hal ini, akan berkaitan dengan sistem pasar yang merupakan salah satu prespektif ekonomi yang memiliki peran terhadap pembangunan.

Pembangunan ekonomi dalam prespektif sosiologis tentunya akan berpengaruh pada sistem pasar, yang secara prinsip memiliki dasar dan nilai terhadap berbagai gagasan untuk pembangunan ekonomi, tentunya memiliki pemikiran yang lebih baik bagi setiap pertumbuhan ekonomi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close