Pembangunan Lokal : Berbagai Persoalan Terhadap Krisis Pertanian

5/02/2020


Persoalan masyarakat pedesaan, seringkali ada pada sistem pertanian yang mereka kerjakan sesuai rencana program pembangunan yang mereka kerjakan. Berbagai persoalan krisis pangan misalnya, akan berdampak pada sistem pembangunan Nasional. Hal ini, merupakan masalah terhadap persoalan manusia yang kerabkali hadir dalam sistem pembangunan lokal.

Ketika, berbagai persoalan dinamika masyarakat yang sering tidak mendukung kerja Negara dalam hal ini, misalnya enggan bertani, dan serta berdampak pada produktifitas, serta persoalan masyarakat pada sistem ekonomi politik yang mereka terabkan kali ini.

Ketika persoalan itu, menjadi perbincangan dalam hal ini untuk suku tertentu, tampak sekali dengan berbagai persoalan dan apa yang dikerjakan dalam setiap masyarakat mereka yang berurbanisasi ke perkotaan. Sebenarnya, hal itu merupakan salah satu persoalan serta prilaku masyarakat itu sendiri.

Para ahli, telah menjelaskan bahwa pembangunan Nasional, itu tergantung pada produktifitas masyarakat itu sendiri. Bisa diketahui ketika berbagai persoalan sosial masyarakat, akan tampak pada hari raya berlangsung, begitu banyak masyarakat pergi dan kembali, dengan kata Mudik, yang berarti pembawaan pada masyarakat tertentu itu merupakan salah satu prilaku sosial mereka yang menjadi persoalan pada sistem pembangunan.

Lain kata, ingin hidup enak, tetapi tidak mau bekerja, jika bekerja itupun pilih-pilih. Termasuk, dengan persoalan upah yang mereka dapatkan. Itulah sistem manusia itu sendiri yang perlu diperhatikan pada masyarakat, Lokal dan Nasional, Indonesia kali ini.


Pembangunan Lokal, dapat berlangsung baik jika kerja nyata pada tingkat kota dan desa berada pada level yang baik. Termasuk pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki, guna menyaingi Negara maju, tentunya sangat tidak memungkinkan berada pada Dunia ketiga.

Pada masyarakat tersebut, yang kali ini menjadi persoalan tentunya baik untuk diamati. Dapat ditemui sekitar lingkungan pada masyarakat perkotaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close