Pertahanan Politik Massa

5/22/2020


Selebihnya, kabar telah diketahui bahwa upaya dalam mencapai pertahanan politik yang dapat diketahui dengan seksama. Yaitu dengan upaya memahami berbagai pelaksanaan politik yang disampaikan melalui berbagai prespektif.

Kiranya dalam hal ini, untuk memahami berbagai potensi politik yang seringkali terjadi, dengan massa yang ada di Jakarta, memungkinkan berdampak pada sistem dinamika budaya politik saat ini. Ketika hal ini, diketahui bahwa berbagai keputusan politik yang disampaikan melalui dinamika masyarakat yang dipahami hanya pertahanan politik.

Para pendukung masing-masing partai, seperti PDI Perjuangan, Gerindra, serta partai koalisi yang juga akan mengusung, memungkinkan kah berbagai hal terkait dengan politik yang memiliki peran terhadap sistem dinamika politik yang beredar untuk bisa dipahami dengan dinamika politik yang baik, dalam memahami massa ketika Demokrasi berlangsung.

Pengalaman, politik sebelumnya yang ketika itu berdampak pada sistem politik massa yang berlangsung dengan banyak sekali massa. Tentunya menjadi pembelajaran dalam keterlibatan pemilihan Gubernur dari partai Gerindra yang melibatkan pendukungnya bentrok massa di Jakarta.

Ketika upaya yang disampaikan dengan seksama yang dapat dipahami bahwa politik yang berperan dalam sistem budaya politik ketika itu, tentunya keterlibatan ormas dalam hal ini penting untuk diketahui bahwa berbagai upaya untuk menjangkau massa yang terlibat merupakan juga persoalan dari sistem politik yang berlangsung.

Baca Juga : Revolusi Lagi ?

Keterlibatan akademik ketika itu, yang membuat persoalan demokrasi politik di Jakarta sedikit berbeda, dengan upaya penanganan dalam sistem politik disana. Tentunya, yang tidak bisa dihindari adalah bentrokan massa yang terjadi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close