Pemikiran Eropa : Proses Perubahan Sosial Masyarakat Lokal

9/01/2020

Apa yang membosankan ketika apa yang disenangi menjadi persoalan, dan passion dalam dirimu yang dapat membawa dampak kebahagiaan dan kepada orang lain. Kalau, dalam hal ini dengan berbagai persoalan terkait dengan perubahan sosial ditengah masyarakat dan bagaimana individu mencoba untuk memahami proses terjadi sebuah perubahan, serta memutuskan untuk percaya atau tidak percaya kepada kebiasaan masyarakat.

Demikian, dengan apa yang menjadi dasar dari setiap proses perubahan sosial yang berdampak pada pertumbuhan sejarah manusia bertumbuh. Dalam suatu proses perubahan sosial di Inggris, Eropa pada pertengahan Eropa ke-20, yang dalam hal ini sudah dijelaskan bagaimana Bauman menunjukkan bahwa masyarakat sudah masuk pada konteks modernitas cair (liquid modernity).

Yaitu, dengan nilai-nilai tradisional dan modernitas lama telah berubah terjadi sesuatu yang baru. Pada Nilai produktivitas dan asketisme seperti yang disebut oleh Weber, melainkan sudah bergerak pada kondisi yang lebih fleksibel dan mempunyai kehidupan yang lebih bebas untuk mengubah nilai-nilai sebelumnya.

Dalam sebuah kehidupan sehari-hari mungkin ada yang sudah mulai bosan dengan nilai-nilai tradisonal dan gaya orang kuno yang harus ada pada suatu tempat kerja dan cara berekonomi yang statis (kaku), serta ingin berjejaring dan terlibat dalam hal setiap saat.

Sebuah nilai norma yang lama, akan tetapi bagaimana sebuah masyarakat dapat berubah karena adanya proses perubahan antara struktur sosial dan individu. Cara pandang dalam hal ini, akan diterapkan bagaimana proses perubahan sosial berdampak pada masyarakat perkotaan dan pedesaan.

Sehingga, dalam hal ini berbagai persoalan terkait dengan sistem budaya masyarakat yang memiliki peran terhadap dinamika sosial yang mengaitkan berbagai persoalan terhadap sistem budaya, sosial, serta politik.

Dampak-dampak itu bisa dipaparkan berdasarkan keinginaan mereka terhadap sebuah proses perubahan, karena dalam hal ini berbagai persoalan terkait dengan dinamika budaya masyarakat yang memang memiliki peran terhadap masyarakat yang memiliki potensi ingin belajar. Ketika, individu sudah tidak lagi mengikuti struktur lama maka akan terjadi struktur sosial yang baru.

Secara tradisi pemikiran yang memiliki peran terhadap pandangan mengenai fakta sosial masyarakat yang berubah dan membutuhkan pedekatan mikro untuk menganalisis tindakan sosial yang individu (agensi) dalam mengubah struktur masyarakat, dalam hal ini akan tampak jelas bahwa peran struktur sosial sosial tentunya akan membentuk tindakan sosial individu.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close