Pengaruh Sosial Budaya Yang Membentuk Prilaku Sosial

9/16/2020

Dengan adanya kapasitas untuk mengarahkannya tentunya langkah yang berbeda, terhadap berbagai persoalan langkah yang preventif tidaklah cukup untuk menghentikan proses dominasi. Jika setiap intensi memuat tendensi untuk menguasai, lalu apakah ada ruang bagi tindakan etis itu sendiri.

Tindakan etis yang mencerminkan makna transenden dengan memuat unsur melepaskan kekuasaan. Sebuah tindakan etis bukanlah tindakan yang mendukung proses dominasi. Maka, dalam hal ini sebuah persoalan sekadar sebuah kritis untuk mempertanyakan motivasi dari sebuah tindakan, malainkan juga menjadi sebuah kesadaran  reflektif.

Bagaimana sebuah tindakan dan menerapkan sebuah kebijakan yang sebetulnya melakukan proses emansipasi terhadap pihak lain. Dengan melihat kekuasaan yang ada di masyarakat sangatlah sulit untuk ditemukan di tengah masyarakat yang transaksional.

Sebuah tindakn etis dan salah satu elemen penting untuk melakukan adalah dengan bersikap kritis untuk bertanya terus menerus. Maka, apalah sebuah tindakan itu sebuah moral ? orang yang bermoral justru beranggapan bahwa dia belum cukup baik dalam melepaskan kekuasaan, ego, dan kepentingannya sendiri (intensi).

Dominasi yang dapat diketahui akan terjadi ketika kita melakukan sebuah proses akumulasi kekuasaan dengan memanfaatkan pihak lain sebagai sarana untuk mencapai agenda pribadi, entah dengan menggunakan kekerasaan, kelembutan atau dengan memberikan uang jajan seperti seorang sutradara yang ingin mengendalikan orang lain dalam sebuah sandiwara sosial.

Contoh sebuah sikap dan tindakan yang berpotensi untuk mendominasi, dengan adanya kesadaran kritis secara konsisten untuk bisa diketahui dengan penting bahwa moralitas yang autentik adalah kapasitas untuk melepaskan kekuasaan dan memberikannya kepada kelompok yang lebih membutuhkan seperti kelompok marjinal, minoritas, dan sang lain (The Other).

Maka, pertanyaannya adalah bagaimana kita dapat mewujudkan sebuah tindakan yang bermoral kalau kesadaran dan tindakan kita hanyalah produk dari kekuasaan.  

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close