Teori Alternatif Mengenai Perubahan Sosial

10/21/2020

Pembahasan mengenai teori perubahan sosial yang dominan yakni mengenai teori pembangunan kaptalisme serta teori yang menjadi lawannya. Yakni teori yang berpijak pada paradigma marxisme, maka bagian ini membahas berbagai paradigma dan teori alternatif.

Teori modernisasi maupun sosialisme, akan berpijak pada berbagai kategori yang menjadi teori alternative dengan teori yang tergolong dalam teori kritik (critical teory) dengan meminjam pengertian dan analisis yang dikembangkan oleh Stephen Leonard (1990) tentang critical theory yang dituangkan dalam bukunya mengenai Critical Theory in Political Practice.

Memberikan kritikan terhadap institusi dan praktik sosial politik yang ada di masyarakat yang tidak adil. Dengan adanya Teori yang dikategorikan sebagai teori kritik karena berdimensi praktis, atau juga dikenal dengan istilah praxis. Suatu perenungan teoritik untuk melakukan aksi perubahan sosial.

Teori dengan perubahan yang memang penting mengenai perubahan sosial, ditengah politik yang terus dinamis. Dengan sistem pemerintahan yang berbeda dengan mudahnya dalam kategori paradigma dan aliran Marxisme maupun pembangunan kapitalistik.

Meskipun banyak diantara paradigma dan teori alternatif ini yang mempengaruhi atau mendapat inspirasi dan analisis Marxisme, tidak hanya secara ketat menggunakan analisi kelas untuk memahami situasi sosial maupun dalam aksi perubahan sosial.

Berbagai teori sosial yang berdampak pada sistem teori akternatif yang meliputi berbagai paradigma. Dengan gerakan yang lancarkan dengan pandangan sosial di DKI Jakarta dengan persoalan pelanggaran, serta feminis, maupun konflik agrarian yang hingga kini belum ada penyelesaian terhadap kasus-kasus yang menumpuk dengan persoalan yang ada di masyarakat.

Praktik pembangunan yang memang selayaknya diketahui dengan pembangunan modernisme sehingga membaca peta perubahan sosial yang berada pada sistem penguasa saat ini. Teori altenatif lebih kepada teologi pembebasan dengan khususnya gerakan pada agama Katolik di Amerika Latin. 

Suatu perubahan yang tampak pada sistem perubahan sosial, dengan pendukung paradigma ini, merupakan awal dari pengaruh yang berdekatan dengan Postmodernisme.

Mengenai persoalan perubahan sosial di tengah masyarakat, akan berbeda, dengan sistem pembahasan mengenai kajian yang dibuat dengan kritikan seperti Michel Foucault. Maka, mengenai hal ini akan lebih banyak mengarah pada pikiran Arturo Ascobar, seorang antropolog yang berminat terhadap wacana development.

Suatu kajian mengenai pengembangan berbagai persoalan yang ada di masyarakat, akan berbeda dengan adanya perubahan sosial yang dipahami dengan sistem politik saat ini. Tetapi, mengenai hal ini berbagai persoalan terhadap paradigma yang berlangsung di masyarakat, akan menjadi bagian dari suatu pemahaman analisis yang berbeda dengan aksi yang dipahami sebagai perubahan sosial.

Maka, dalam hal ini kita akan diajak untuk melihat bagaimana kapitalisme tumbuh pada tahapan development sebagai pengembangan mereka terhadap bisnis yang dibuat, berdasarkan kebutuhan modernisme saat ini. 

Baiknya, mengenai kapitalisme akan mengarah pada sistem investasi yang menjadi bagian pendukung terhadap pengembangan yang ada di masyarakat, lebih berbedanya bahwa memahami peran di masyarakat yang berkenan dengan sistem dibuat melalui sistem Government, dengan kebijakan yang berada suatu posisi berbeda.

Sehingga, untuk melihat persoalannya aka nada jika teori pendukung dapat menjadi bagian dari sistem dinamika sosial politik saat ini. Pembangunan sosial akan menjadi faktor pendukung yang baik, jika dipahami dengan pola pikir masyarakat yang berada pada menuju Pemajuaan suatu Negara.

 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close