Sistem Sosial, Serta Persoalan Sosial Masyarakat

11/10/2020

Persoalan masyarakat yang berada pada masalah sosial dan budaya adalah mengenai sistem kelas yang menjadi identifikasi terhadap perbedaan dalam suatu tatanan sosial di masyarakat. Sistem sosial yang mengarah pada sistem politik di masyarakat, akan berada pada persoalan kelas.

Persoalan kelas, tentunya berdampak pada suatu kebudayaan yang mengarah pada proses sosial di masyarakat yang berada pada suatu pengaruh kebudayaan Jawa dan Melayu dengan sistem kerajaan yang diterapkan. Munculnya kelas sosial, berakibat masyarakat sulit maju terhadap berbagai pembangunan dan perkembangan di suatu masyarakat.

Dalam suatu proses bermasyarakat, akan dipahami bagaimana prilaku masyarakat dalam bekerja, dan dampak bagi kebudayaan lainnya yang diketahui memiliki potensi terhadap konflik sosial yang menjadi persoalan di masyarakat.

Suatu identitas, dalam sistem kelas akan mempengaruhi berbagai hubungan produksi di masyarakat yang mengarah pada dinamika sosial budaya serta hubungan masyarakat yang berkelas.

Dengan mengarah pada persoalan yang terletak pada sistem sosial masyarakat akan berdampak pada pemikiran sosial budaya yang layaknya mengarah pada dinamika masyarakat sosial secara berbeda.

Suatu kondisi kelas sosial akan lebih baik, dengan memahami apa saja yang menjadi persoalan terhadap kelas sosial di masyarakat. Setidaknya, hal ini berdampak pada pengaruh budaya yang melekatkan pada sistem dinamika sosial budaya.

Jika dipahami bahwa, berbagai persoalan terkait dengan sistem di masyarakat, akan lebih baik dengan berbagai hal terkait dengan sistem sosial yang hendaknya memiliki peran terhadap budaya di masyarakat. Dampak konflik mengenai kebudayaan yang terletak pada sistem budaya akan mengarah pada persoalan kelas.

Pada budaya masyarakat lokal, akan dipahami dengan berbagai aspek ekonomi, sosial, dan budaya yang memberikan ruang terhadap masyarakat untuk memenuhi setiap kebutuhan mereka sehari-hari. Maka dari itu sistem pertanian menjadi masalah jika tidak ada yang mengerjakannya.

Meskipun demikian, pengaturan sistem sosial di masyarakat, hendaknya dipahami dengan berbagai masalah sosial budaya yang mempengaruhi hasil produksi. Maka, dari itu berbagai persoalan kelas sosial yang saling mempengaruhi berbagai hal terkait dengan sistem budaya akan memberikan dampak pada suatu kebudayaan di masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close