Mobil Ford Rakitan Amerika Serikat

12/26/2020

Dunia otomotif memang menjadi pekara berbeda, untuk dunia bisnis mendatangkan mobil impor dari Negara lain, memang sangat berbeda secara umum. Di balik dari persoalan yang mengejutkan  adalah mundurnya sebuah produsen otomotif asal Amerika Serikat, Ford, dari pasar Indonesia.

Siapa tak kenal Ford Model T, salah satu mobil pertama di dunia? Siapa tak kenal Henry Ford yang memulai assembly line, dengan sistem yang kemudian digunakan di seluruh dunia? Ford adalah pioneer di bidangnya!

Jadi apa sebetulnya yang terjadi? Bagaimana efeknya untuk Anda?

Menurut keterangan Ford Indonesia pada situs resminya, Ford mundur dari seluruh operasi di Indonesia pada paruh kedua 2016. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford.

Dalam situs tersebut, Ford juga menyatakan tetap menyediakan layanan penjualan, servis dan garansi hingga beberapa waktu ke depan di tahun 2016 ini.

Tanpa dukungan dealership resmi, tentu akan sulit mempertahankan populasi mobil Ford. Sementara populasi ini akan mempengaruhi demand/supply dan harga mobil di pasar sekunder.

Harga mobil Ford bisa turun drastis jika memang tidak terdapat banyak peminat membeli mobil secondhand. Akan tetapi jika peminat mobil Ford tetap banyak, sementara supply menjadi CBU (completely built-up), ada kemungkinan harga mobil meningkat seiring terbatasnya supply.

Anda pemilik mobil Ford, tentu biaya servis dan suku cadang menjadi perhatian Anda. Menurut situs resminya, Ford Indonesia tetap akan melayani sesuai garansi untuk beberapa waktu ke depan di tahun 2016.

Akan ada pengaturan sendiri untuk transisi segala perubahan servis tersebut. Namun saat seluruh gerai Ford sudah tutup, Anda perlu memperhatikan berapa ongkos yang akan Anda siapkan untuk servis mobil di bengkel lokal.

Perginya Ford dari pasar Indonesia akan meninggalkan populasi mobil Ford tanpa layanan resmi. Selama mobil-mobil ini dalam kondisi baik dan masih beroperasi, tentu para pemiliknya tetap membutuhkan jasa servis dan suku cadang. 

 

 

 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close