Pada Era Galant VR-4 pun bergeser di tahun 1990-an. Dimana pada tahun tersebut Mitsubishi mengeluarkan monster terbaru untuk ajang World Rally Championship melalui mobil balap Mitsubishi Lancer Evolution.
Kemudian, jajaran Di
Era 1990-an lah nama Mitsubishi Lancer Evolution meledak. Tommi Makinen,
pembalap rally asal Finlandia Mitsubishi berhasil meraih empat kemenangan
berturut-turut. Kemenangan tersebut berhasil ia dapatkan di tahun 1996 hingga
1999.
Dengan adanya mobil
balap Mitsubishi Lancer Evolution VI edisi Ralliart yang diproduksi khusus di
Inggris memiliki kekuatan mencapai 330 daya kuda. Selain itu, di tahun 1999
lahir pula mobil balap Mitsubishi Evolution VI edisi spesial yakni Tommi
Makinen Edition yang diciptakan sesaat setelah pembalap Tommi Makinen
memenangkan kejuaraan reli dunia dengan mobil tangguh ini.
Sementara, untuk generasi Evolution VII ( CT9A)-2001, Dari
generasi ini, terjadi perubahan desain yang signifikan pada mobil balap
Mitsubishi Lancer Evolution, namun tidak mendapatkan antusiasme positif dari
masyarakat. Mengingat, basis yang
digunakan untuk pengembangan pun adalah Lancer Cedia yang desain dasarnya tak
terlalu sporty.
Dilanjutkan kembali dengan Mobil balap Mitsubishi Lancer
Evolution IX (CT9A-CT9W)—2005, yang diperkenalkan
pertama kali di Jepang pada 3 Maret 2005 dan memamerkan mobil ini di ajang
Geneva Motor Show di hari yang sama untuk dilihat masyarakat Eropa.
Mobil ini menggunakan mesin 2.0 liter berkode 4G63 dengan
teknologi MIVEC (variable valve timing) dan sudah menggunakan turbocharger
terbaru yang pada akhirnya membuat kekuatan mobil ini menjadi cukup kuat.
Dengan beragam versi yang diciptakan
Mitsubishi pada generasi ini dengan tenaga yang juga bervariasi antara 276 hp
sampai 287 hp.
0 comments