Mobil Rakitan Jepang Evolution Cedia Sporty

12/26/2020

Pada Era Galant VR-4 pun bergeser di tahun 1990-an. Dimana pada tahun tersebut Mitsubishi mengeluarkan monster terbaru untuk ajang World Rally Championship melalui mobil balap Mitsubishi Lancer Evolution.

Kemudian, jajaran Di Era 1990-an lah nama Mitsubishi Lancer Evolution meledak. Tommi Makinen, pembalap rally asal Finlandia Mitsubishi berhasil meraih empat kemenangan berturut-turut. Kemenangan tersebut berhasil ia dapatkan di tahun 1996 hingga 1999.

Dengan adanya mobil balap Mitsubishi Lancer Evolution VI edisi Ralliart yang diproduksi khusus di Inggris memiliki kekuatan mencapai 330 daya kuda. Selain itu, di tahun 1999 lahir pula mobil balap Mitsubishi Evolution VI edisi spesial yakni Tommi Makinen Edition yang diciptakan sesaat setelah pembalap Tommi Makinen memenangkan kejuaraan reli dunia dengan mobil tangguh ini.

Sementara, untuk generasi Evolution VII ( CT9A)-2001, Dari generasi ini, terjadi perubahan desain yang signifikan pada mobil balap Mitsubishi Lancer Evolution, namun tidak mendapatkan antusiasme positif dari masyarakat. Mengingat,  basis yang digunakan untuk pengembangan pun adalah Lancer Cedia yang desain dasarnya tak terlalu sporty. 

Dilanjutkan kembali dengan Mobil balap Mitsubishi Lancer Evolution IX  (CT9A-CT9W)—2005, yang diperkenalkan pertama kali di Jepang pada 3 Maret 2005 dan memamerkan mobil ini di ajang Geneva Motor Show di hari yang sama untuk dilihat masyarakat Eropa.

Mobil ini menggunakan mesin 2.0 liter berkode 4G63 dengan teknologi MIVEC (variable valve timing) dan sudah menggunakan turbocharger terbaru yang pada akhirnya membuat kekuatan mobil ini menjadi cukup kuat. Dengan  beragam versi yang diciptakan Mitsubishi pada generasi ini dengan tenaga yang juga bervariasi antara 276 hp sampai 287 hp.

 

 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close