Memahami Bagaimana Konsep Audit Sosial Berlangsung

9/18/2017

Pada dasarnya untuk memahami audit sosial dapat menggunakan sebuah metode  yang keadaan sosial suatu bentuk organisasi, keadaan perwujudan dari tingkah laku anggota organisasi atau perusahaan  dan berkaitan dengan aturan yang diterapkan oleh organisasi yang bersangkutan. Pada masyarakat secara umum audit sosial merupakan mekanisme pemeliharaan kebudayaan yang menjadi acuan bagi tingkah laku selama ini. Mekanisme tersebut tentunya berjalan secara traditional dan sebagai bagian dari kebiasaan suatu masyarakat.
@copyright.images.google.com

Dalam hal ini mengenai audit sosial, dapat dicontohkan audit sosial dalam masyarakat adalah adanya upacara-upacara yang berkaitan dengan yang ada di masyarakat, upacara tradisi yang bersifat sosial yang selalu diselenggarakan secara kesinambungan. Seperti beberapa organisasi di benua dan negara-negara Eropa khususnya di Inggris telah banyak melakukan kegiatan audit sosial dan beberapa perusahaan menggambarkan suatu proses audit sosial sebagai bentuk metode.

Social Enterprise Partnership (SEP)
Audit Sosial adalah sebuah metode yang dilakukan berkenan dengan sebuah organisasi (perusahaan, lembaga dan sebagainya). Dalam mengatur, merencanakan dan mengukur aktivitas nonfinansial serta untuk memantau (memonitor) konsekuensi secara eksternal dan internal sekaligus dari sebuah organisasi atau perusahaan yang bersifat komersial.

The New Economics Foundation (NEF)
Audit sosial adalah suatu proses dimana sebuah organisasi dapat menghitung untuk keadaan sosial, laporan pada meningkatkan keadaan sosial tersebut. Audit sosial bertujuan menilai dampak sosial yang ditimbulkan oleh organisasi dan tingkah laku anggota-anggota yang beretika dari sebuah organisasi dalam hubungannya dengan tujuan organisasi tersebut serta hubungannya dengan keseluruhan stakeholder yang terkait dengannya. Konsep ini menggambarkan bahwa audit sosial lebih merupakan suatu penilaian dampak sosial dari adanya program atau Social Impact Assessment.

The Northern Ireland Co-operative Development Agency (NICDA)
Audit sosial adalah sebuah proses yang dapat dilakukan oleh sebuah organisasi dan agen-agennya untuk menilai dan mewujudkan keuntungan sosial mereka, keuntungan masyarakat dan keuntungan lingkungan serta keterbatasannya. Sehingga audit sosial adalah sebuah cara untuk mengukur keluasaan dari sebuah organisasi untuk dapat hidup dalam berbagi nilai dan sasaran yang sudah disetujui untuk bekerja sama.

Dengan demikian, pengertian dan konsep ini tampak bahwa audit sosial lebih menggambarkan suatu proses penilaian tentang interaksi antar stakeholder yang dalam hal ini antara perusahaan, komunitas atau masyarakat dan juga pemerintah daerag. Jadi menggambarkan suatu interaksi sosial yang mengarah pada bentuk pola adaptasi nilai, norma, aturan dan moral antarmasing-masing stakeholder.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close