Pengertian dan Tokoh Tokoh Ahli Demokrasi

9/14/2017

Pemahaman mengenai demokrasi dapat dilihat dari 2 (dua) sisi. Pertama, pemahaman demokrasi dilihat dari asal katanya (etimologis) yaitu demos yang berarti rakyat, dan kratos atau kratein yang berarti kekuasaan/berkuasa. Jadi secara etimologis, demokrasi berarti “rakyat berkuasa” atau government or rule by the people. Pemahaman ini juga mengandung arti bahwa demokrasi adalah keadaan suatu negara dimana kedaulatan berada di tangan rakyat atau kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat. Kedua, pemahaman demokrasi ditinjau dari segi istilah (terminologis). Definisi atas istilah demokrasi ini dikemukakan oleh para ahli yang menekankan pada aspek-aspek yang menjadi fokus perhatiannya.

Misalnya menurut para ahli Demokrasi, bahwa pengertian mengenai demokrasi dapat dipahami dari masing-masing pandangan yaitu:

1. Phillippe C. Schmitter dan Terry Lynn Karl

Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dimana pemerintah dimintai tanggung jawab atas tindakan-tindakan mereka wilayah publik oleh warga negara yang bertindak secara tidak langsung melalui kompetisi dan kerjasama dengan para wakil mereka yang terpilih.

2. Henry B. Mayo

Demokrasi adalah sistem politik yang menunjukkan bahwa kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan berkala yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana terjaminnya kebebasan politik.

3. Sidney Hook

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

4. Joseph A. Schmeter

Demokrasi merupakan perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik dimana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan kompetitif atas suatu rakyat.

Dengan demikian, dalam hal ini bahwa pengertian demokrasi yang merupakan konsep dasar, dari suatu sistem politik suatu negara. Dengan begitu demokrasi dapat dikategorikan sebagai unit lingkungan dalam sebuah sistem politik. Dalam konteks negara maju, demokrasi umumnya merupakan unit lingkungan dalam, sedangkan untuk kebanyakan negara berkembang, demokrasi merupakan unit lingkungan luar yang mempengaruhi sistem politik suatu negara. Ini dikarenakan demokrasi di negara berkembang merupakan bagian dari efek bola saju demokratisasi yang melanda hampir seluruh dunia.




0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close