Bagaimana Memahami Pengaruh Globalisasi Terhadap Sistim Ekonomi Pertanian Desa

10/03/2017

Era Modernisasi merupakan salah satu perubahan yang mengalami suatu gambaran mengenai perubahan pada masa yang terus berubah. Dengan seperti itu, maka perubahan yang besar pada kenyataannya akan memiliki keanekaragaman diberbagai aspek kehidupan, khususnya menyangkut kemajuan daerah di masyarakat.

Kemajuan yang ada di Desa misalnya, akan menjadi salah satu perubahan yang harus diperhatikan, teruatama Desa yang mengalami kondisi peralihan, antara tradisional dan modern. Dengan demikian, gambaran tentang sistem ekonominya memang harus mencakup gambaran dari tiga Era yakni era sebelum tersentuh modernisasi, era modernisasi, dan era globalisasi.

Gambaran system ekonomi suatu Desa diera modernisasi merupakan salah satu gambaran proses modernisasi Desa baik, dimana ditengah-tengah kehidupan masyarakat Desa maupun oleh karena dilaksanakannya perlbagai program pembangunan pemerintah (khusus program untuk Desa maupun program pembangunan umum yang mengimbas Desa). Pengaruh proses modernisasi Desa di tengah masyarakat secara umum setidaknya sampai pertengahan masa, tentunya yang harus dilihat kemajuan Desa dan kebutuhan dari Desa harus di perhatikan.

Hal ini yang harus dilihat yaitu partanian, dimana basis sistem ekonomi masyarakat Desa yang menunjukan perkembangan yang menjadi bagian terpenting, teruatama dalam kemandirian suatu Desa.Setelah masuknya era golabalisasi, setidaknya teknologi harus menjadi salah satu bagian utama dalam meningkatkan system ekonomi masyarakat, teruatama dalam pengelolaannya, bukan lagi gambaran suatu kehidupan Desa yang semakin hari mengkhwatirkan.

Persaingan menjadi salah satu bagian tak terelakan ketika diberbagai Negara dunia yang mengfokuskan dalam pertanian sudah berkembang, tetapi proses dalam Desa di Indonesia misalnya masih menjadi salah satu bagian yang masih menanti perkembangan. Hal ini tentunya, menjadi proses penggobalan ekonomi terutama perdagangan yang mendorong pasar bebas global.

Sisi lain pengaruh positif perdagangan bebas yang secara umum diperhitungkan oleh para ekonom, yaitu 1. Pedagangan bebas agar dapat mengalokasikan sumber daya secara efisien, yang pada nantinya akan memberikan efek positif pada masyarakat: 2. Perdagangan internasional akan mencakup pula barang modal yang pada umumnya merupakan produk teknologi tertinggi dari Negara maju : 3. Bisa menghentikan prilaku birokrasi yang biasa berkolusi menciptakan industri yang tidak efisien dengan memungut rente ekonomi biaya tinggi. Jika pengeruh positif dapat dibangun dengan baik, maka dalam system ekonomi pertanian agar dapat menunjukan hal yang baik pula.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close