Pentingnya Sumber Daya Alam, Destinasi Wisata, Dan Budaya Guna Mendukung Investasi Asing di Indonesia

10/30/2017

Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki sumber daya alam yang begitu besar manfaatnya bagi Negara - Negara lain. Sebagai Negara yang kaya dengan sumber daya alamnya, maka Indonesia menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan hubungan kerja dengan Negara lain terkait kerjasama, seperti dibidang energi, perikanan, kelautan, hutan, pertanian, wisata maupun sumber daya alam lainnya. 

Sumber daya yang ada di Indonesia, menarik perhatian investasi asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Dengan begitu, kepercayaan investasi asing terhadap Indonesia kian membuka peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan kualitas kerja sama yang terpercaya, dengan standar yang diinginkan investasi asing. 

Dengan begitu, tantangan Indonesia dalam memperoleh hasil kerjasama tentunya membutuhkan kesiapan dalam merancangkan, dan memikirkan apa yang menjadi bagian terpenting dalam menumbuhkan kesiapan yang ada dimasyarakat. Hal ini agar tidak terjadi adanya konflik kepentingan, terutama dalam implementasi, sehingga kesiapan masyarakat dalam menerima investasi asing dapat menjadi dampak yang positif.  

@copyright:images.google.com
Untuk itu, peran dan dukungan masyarakat dalam hal ini begitu penting, guna menjaga hubungan antar Negara agar berjalan sebagaimana mestinya. Begitu juga dengan peran lainnya, seperti kepercayaan, hubungan sosial, budaya, dan ekonomi, juga menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam menunjang kebutuhan investasi asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. 

Sehingga, kebutuhan Negara dalam percepatan pembangunan dalam berbagai sektor harus disiapkan didalam masyarakat. Dengan begitu, investasi asing yang ingin menanamkan modalnya  dalam bentuk modal, ke bentuk distenasi wisata,  pelestarian budaya, energy, dan  kemaritiman, serta alam dapat membuka peluang bagi masyarakat kedepannya.

Kekayaan alam Indonesia, misalnya merupakan bagian dari ketertarikan investasi asing untuk menanam modalnya di Indonesia, diberbagai sector seperti salah satunya disektor energi. Kemudian, Destinasi wisata, yang memang banyak diminati turis manca negara dan domestic untuk berkunjung dan melihat keindahan alam di Indonesia. Serta, budaya yang masih dilestarikan masyarakat setempat guna menjadi daya tarik turis dan domestic dalam meningkatkan nilai-nilai dan ketertarikaannya dengan budaya lokal masyarakat setempat.

Dengan demikian, Indonesia dalam hal ini telah menjadi daya tarik alami menjadi minat investor asing untuk masuk menanamkan modalnya, setidaknya menjadi nilai tambah disektor tersebut. Dari sector yang diuraikan tersebut, hal ini tentunya masyarakat harus siap dalam menyingkapi bahwa wilayah yang menjadi ketertarikan investor asing untuk menanamkan modalnya harus menjadi moda utama dalam membuka peluang terbuka. 

Kemudian, jika dilihat dari berbagai aspek, seperti nilai tambah dari perkembangan wisata, lingkungan, baik itu tenaga kerja, peningkatan keterampilan masyarakat dalam menghasilkan kerajinannya[1], serta perkembangan wilayah kota atau kabupaten yang diharapkan berkembang disetiap tahunnya.

Kepercayaan Investasi asing, terhadap Indonesia telah membuka pintu lebar dalam perkembangan percepatan wilayah diberbagai sector. Seperti hasil kunjungan Kepala Negara Perancis, dimana selama 30 tahun ini merupakan kunjungan sejarahnya di Indonesia, guna membahas berbagai kunjungan bilateral dan perjanjian kerjasama[2]

Ketertarikan kepala Negara untuk menjalin hubungan bilateral tentunya menjadi nilai positif dalam keberlangsungan investasi selanjutnya. Begitu juga, dengan timur tengah, dimana pertemuan yang bersejarah juga menjadi perhatian publik bahwa sepanjang sejarah kunjungan Raja Salman merupakan moment penting dalam ketertarikannya untuk berinvestasi[3].

Kebutuhan yang ada dimasyarakat tentunya akan saling terkait, dimana potensi wisata dapat dikembangkan dengan cara-cara yang menyejukan, kemudian, energi dimana minyak merupakan salah satu energy yang penting untuk Indonesia dalam menjalankan aktivitasnya. Hal ini, tentunya dibutuhkan kesiapan yang matang untuk masyarakat, agar dapat memahami apa yang dibutuhkan Indonesia sebagai Negara, dan masyarakat sebagai bagian dalam mendukung program-program pemerintah.

Meskipun demikian, investasi asing yang ingin masuk kedalam lingkungan yang berhubungan dengan masyarakat tentunya harus diperhatikan dari berbagai aspek, seperti lingkungan tempat investasi masyarakat, dampak positif apa yang dapat diberikan ke masyarakat, kemudian kerugian yang didapatkan masyarakat terhadap lingkungannya, jika tidak dikaji dengan teliti. 

Kemudian, masyarakat juga harus menjadi bagian terpenting dalam mengambil keputusan, dengan ditengahi pemerintah sebagai bagian dalam pemangku kebijakan dan perizinan ini. Sehingga, investasi asing yang masuk menanamkan modalnya dilingkungan masyarakat ini, dapat terkonrol dengan baik, secara adil, merata serta memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, demi kepentingan dan pencapaian bersama.

Hal ini, jika diperjelaskan kepada masyarakat, tentunya diharapkan tidak ada penolakan, melainkan saling membutuhkan antara Negara, Masyarakat dan investasi asing. Sehingga, apa yang dibutuhkan saat ini tentunya, merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam membangun diberbagai aspek agar dapat diakses secara merata. Kemudian, memudahkan agar masyarakat dapat menjangkau diberbagai lini, dengan adanya hubungan kerjasama bilateral dan investasi asing lainnya. 
 
Baca Juga :

Berdasarkan yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007, Tentang penanaman modal, menimbang pada bagian (C) bahwa “untuk mempercepat pembangunan ekonomi nasional dan mewujudkan kedaulatan politik dan ekonomi Indonesia diperlukan peningkatan penanaman modal untuk mengolah potensi ekonomi menjadi kekuatan ekonomi riil dengan menggunakan modal yang berasal, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri”.

Dukungan kerjasama terhadap investasi asing tentunya berkaitan dengan kepentingan ekonomi pemerintah Indonesia dalam menjalankan potensi ekonomi guna membangun dalam menjalin hubungan baik dari dalam dan luar negeri ini, menjadi bagian dalam perkembangan percepatan ekonomi Indonesia. 

Hal ini tentunya, menjadi perhatian bersama baik itu pemangku kebijakan, masyarakat, investasi asing dan Negara dalam hal ini, agar dapat menyingkapi apa yang menjadi prioritas dalam menjalankan pembangunan Nasional, dan investasi asing ini,  tentunya dapat dirasakan oleh masyarakat secara adil, sehat, transparan dan merata.    

Jurnal Ilmiah : BKPM

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close