Ekonomi Digital Menghadapi Persoalan

2/21/2018

Dengan melihat peluang dari persoalan Ekonomi Digital yang mesti diurus mengenai urusan perdagangan digital. Bila tidak diantisipasi maka hanya akan menjadi pasar. Apa yang menjadi persoalan, jika dilihat komoditi ekspor masih terbatas pada produk-produk primer, dan produk UKM belum baik di ekspor. Nah, apa yang menjadi pemikiran dalam menanggapi persoalan ini, tentunya perubahan pola hidup yang terus berjalan, dan untuk masa depan tak akan dapat diperkirakan lagi.


Menanggapi persoalan ini, tentunya dibutuhkan kecerdasan dalam melihat situasi ini. tatanan baru bagi sector ekonomi global, tidak lagi linear. Hal yang perlu dijelaskan bahwa ekonomi digital mencakup empat aspek yaitu, infrastruktur, ekosistem, literasi, trusted, dan produk lokal. Dan untuk kedepannya ekonomi digital akan banyak mengubah dunia industry. Dari dunia industry ke Dunia digital, maka dalam hal ini dunia pendidikan untuk bisa menciptakan paradigma pendidikan yang tidak sequencial (tidak harus selalu memiliki tahap-tahap yang berurutan). 

Dengan melihat persoalan tersebut, maka apa yang disampaikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Seminar Ekonomi Nasional, Jakarta. Maka, yang perlu diperhatikan juga dalam hal ini akses dari berbagai sector dalam mengembangkan sistem yang mencakup di seluruh Desa yang ada di Indonesia, Karena ini merupakan rantai ekonomi masyarakat Desa yang membutuhkan pembangunan infrastruktur.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close