Sayur Kecipir Bagi Kesehatan

2/21/2018


Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) merupakan tanaman merambat yang biasa dimanfaatkan sebagai sayuran. Selain merambat, tumbuhan ini juga membelit dan membentuk semak menahun. Dalam budidaya kecipir, biasanya tumbuhan ini diberi penyangga. Batangnya silidris, beruas-ruas, jarang mengayu, panjangnya hingga 4 meter, berakar banyak dengan akar samping yang panjang, menjalar datar dekat permukaan tanah dan sebagian diantaranya menebal membentuk umbi. Berikut artikel mengenai manfaat kecipir untuk kesehatan.
Di Indonesia, kecipir pada umumnya ditanam, kemudian diambil buahnya yang muda, beserta pusuk dan daun-daun yang muda biasanya direbus untuk dijadikan bahan kuliner. Para ahli berbeda pendapat mengenai asal usul kecipir terutama karena tidak didapati jenis liarnya, semua merupakan jenis yang telah dibudidayakan.

Keanekaragaman tertinggi kecipir didapati di Papua, wilayah perbukitan di timur laut India, serta wilayah Burma yang bertetangga, sehingga diduga wilayah-wilayah itu merupakan pusat-pusat domestikasinya. Kecipir banyak didapati di Asia Tenggara dan tanaman ini menyukai tanah yang baik serta mendapat sinar matahari yang cukup.
Pada tahun 1960-an kecipir dipromosikan secara internasional sebagai tanaman serbaguna. Kemudian pada tahun 1980 penelitian tentang kecipir sudah mulai berkembang terutama pada negara-negara berkembang. Berikut ini beberapa manfaat kecipir bagi kesehatan.

Baca Juga :
~Manfaat Petai Bagi Kesehatan
~Manfaat dan Keunikan Munculnya Asal Singkong

MANFAAT KECIPIR
Berikut manfaat kecipir untuk kesehatan :
1. MENCEGAH PENUAAN DINI
Kecipir kaya akan vitamin C dan Vitamin A. Kedua vitamin ini bekerja sebagai antioksidan yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit.
2. KESEHATAN KULIT
Tingginya antioksidan dalam kecipir baik untuk mempertahankan pertumbuhan dan kesehatan kulit, karena antioksidan akan melindungi kulit dari radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kulit.
3. SEBAGAI SUMBER ENERGI
Kecipir mengandung jumlah kalori yang cukup besar, dimana kalori sangat dibutuhkan untuk menggerakkan sistem organ tubuh. Sebanyak 100 gram porsi kecipir mengandung sekitar 49 kalori, dan apabila benih telah matang maka dalam setiap 100 gram mengandung sekitar 409 kalori.
4. MEMPERKUAT SISTEM KEKEBALAN TUBUH
Seperti disebutkan sebelumnya, kecipir kaya akan vitamin C. Vitamin C ini akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan akan melindungi tubuh dari berbagai infeksi.
5. MENCEGAH KERUSAKAN DNA
Kecipir juga mengandung berbagai mineral penting, seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium serta vitamin A, yang bermanfaat mencegah kerusakan DNA.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close