Pengertian Hakikat Manusia Sebagai Objek Dan Subjek Lingkungan

6/14/2018



Pengertian manusia, lingkungan alam dan lingkungan social budaya tentunya memiliki hakikat manusia sebagai objek dan subjek lingkungannya. Manusia sebagai objek lingkungan berarti manusia berkaitan dengan lingkungan. Dalam hal ini, manusia sebagai subjek lingkungan berarti manusia memikiki kemampuan untuk mengendalikan lingkungan.

Mengapa demikian, manusia sebagai makhluk social tentunya memiliki pemikiran terhadap peran sebagai subjek lingkungan. Berharap mampu melakukan dan mengelola lingkungan untuk lebih baik. Hal ini, tentunya berkaitan dengan pemanfaatan, penataan, pemeliharaan, terutama terhadap lingkungan alam. Mengapa lingkungan alam? Karena lingkungan alam bersifat terbatas dan keberadaannya mendukung kesejahteraan manusia.
Pengelolaan lingkungan dalam hal ini dilakukan guna menjaga perubahan yang terjadi dilingkungan, dalan hal ini menjaga keseimbangan lingkungan itu sendiri. Secara alamiah, lingkungan dapat terjadi karena campur tangan manusia untuk mengatasinya, maka yang terjadi saat ini dapat mengakibatkan persoalan terhadap pemanasan global. Pengaruh yang lebih besar daripada perubahan social.
Baca Juga :
Istilah saat ini perubahan perilaku social yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang, maka sebagai reaksi interaksi manusia dan lingkungan sangat dipengaruhi oleh tindakan manusia dalam segala aspek kehidupan. Maka, makhluk budaya harus mengembangkan apa yang disebut sebagai etika lingkungan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close