Gabriel Almond : Sistem Politik Berdasarkan Struktur

7/23/2018

Menurut Gabriel Almond, dengan memahami system politik maka ada enam struktur atau lembaga politik, yaitu kelompok kepentingan, partai politik, badan legislative, badan eksekutif, dan badan peradilan. Dengan memahami keenam struktur dalam setiap system politik maka dapat dibandingkan suatu system politik dengan politik yang lainnya.

Perbandingan keenam struktur tersebut tidak terlalu membantu jika tidak disertai dengan penelusuran dan pemahaman yang lebih jauh dari bekerjanya system politik tersebut. Suatu analisis struktur yang menunjukkan jumlah partai politik, dewan yang terdapat dalam parlemen, system pemerintahan terpusat atau federal, bagaimana legislatif, eksekutif, dan yudikatif yang diorganisir dan secara formal dihubungkan satu dengan lainnya.

Kemudian, adapun analisis fungsional menunjukkan bagaimana lembaga-lembaga dan organisasi tersebut berinteraksi untuk menghasilkan dan melaksanakan suatu kebijakan.

Input yang masuk dalam system politik yang disalurkan oleh lembaga politik, yang kemudian akan menghasilkan output, berupa keputusan yang sah dan mengikat yang sebelumnya melalui proses konversi.
Sementara, dalam konversi terjadi interaksi antara factor politik, baik yang bersifat individu kelompok dan organisasi. Fungsi input, yang meliputi sosialisasi politik dan recruitmen politik, artikulasi, agregasi kepentingan dan komunikasi politik. Sedangkan fungsi output antara lain, pembuatan kebijakan, penerapan kebijakan, dan penghakiman kebijakan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close